Pelalawan Disebut “Daerah Tertinggal”, Azmun Langsung Meradang

752 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pernyataan Menteri Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Lukman Edy yang menyebutkan kabupaten Pelalawan terancam masuk dalam kelompok daerah teringgal tahun 2008, membuat Bupati Pelalawan T. Azmun Jaafar langsung meradang. Dia sangat keberatan dengan pernyataan menteri berasal dari Riau itu.

Keberangan Azmun Jaafar itu menjadi berita utama Riau Pos edisi Senin (1/10) ini. Dalam berita berjudul “Azmun Tantang Meneg PDT“, harian ini mengutip pernyataan Azmun Jaafar yang menyebutkan jika benar Pelalawan masuk tertinggal, sebutkan dari segi apa ketertinggalan itu. Tudingan itu, menurut dia, tidak jelas apa standar dan ukurannya.

Sedangkan Pekanbaru Pos dalam beritanya berjudul “Gubri Merasa Dipojokkan” mengungkapkan rasa keprihatinan Gubernur Riau HM Rusli Zainal yang akhir-akhir ini sering dipojokkan oleh pemberitaan media massa. Dia minta media masa tidak hanya bisa mengekspos masalah demi masalah, tapi juga proaktif memberikan solusi atas berbagai masalah tersebut.

Matinya Dedi Eswandi (25) seorang bujangan Dusun Balai Jering, Kecamatan Kampar akibat gantung diri menjadi berita utama Pekanbaru MX hari ini berjudul “Bujangan Mati di Tiang Gawang“. Bujangan itu ditemukan mati tergantung di tiang gawang lapangan sepak bola Minggu kemaren pukul 06.30 Wib.

Riau Mandiri hari ini memfokuskan perhatiannya pada pernyataan Wakil Ketua DPRD Riau Djuharman Arifin yang minta kepada Gubri Rusli Zainal untuk tidak pilih kasih dalam menegakkan disiplin kepada setiap kades dan pejabat satuan kerja di jajarannya. Menurut dia, seluruh pejabat yang berstatus tersangka dan tersandung kasus hukum seharusnya juga dicopot. Berita itu berjudul “Djuharman: Copot Semua Kadis Bermasalah“.

Keinginan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Riau untuk mengusung Dinawati sebagai pendamping HM Rusli Zainal dalam Pilgubri 2008 mendatang jadi berita utama Rakyat Riau hari ini. Dalam berita berjudul “Dinawati Siap Dampingi RZ” harian ni menyebutkan keinginan tersebut tampaknya akan berjalan mulus, karena Dinawati menyambut baik tawaran itu.

Sementara itu Media Riau hari ini mengungkapkan rasa optimis Gubri Rusli Zainal bahwa Dana Alokasi Umum (DAU) untuk Riau tahun 2008 tidak akan terjadi pengurangan. Berita berjudul “DAU Provinsi Riau Tak Dikurangi” disebutkan kabar baik itu diperoleh dari pertemuan terakhir antara tim Pemprov Riau dengan Ditjen Perimbangan Keuangan Pusat Daerah.

Adanya rasa prihatin dari masyarakat Riau di Jakarta terhadap sikap para tokoh Riau yang saling “cakar-cakaran” menjadi berita utama Riau Tribune hari ini. berita berjudul “Masyarakat Prihatin Tokoh Melayu Bertelagah” menyebutkan kondisi ini berpotensi menimbulkan perpecahan antartokoh dan antarkelompok masyarakat Riau.

Sedangkan Tribun Pekanbaru berita utamanya hari ini tentang operasi penangkapan para perompak yang menyandera nakhoda dan anak buah kapal MT Kraton oleh Tim Gabungan dari Mabes TNI AL di Batam. Dari hasil pemeriksaan ternyata 2 warga Singapura terlibat dalam aksi itu. Berita berjudul “2 Warga Singapura Terlibat“.

Sebanyak 40 persen calon anggota KPU yang diseleksi Komisi II DPR ternyata bermasalah. Hal ini menjadi berita utama Metro Riau hari ini berjudul “40% Calon Anggota KPU Bermasalah“. Bahkan menurut harian ini, beberapa calon pernah berurusan dengan penegak hukum karena kasus dugaan korupsi.(Ad)

 

Posting Terkait