Mahasiswa KUKERTA UNRI Ciptakan Inovasi Media Belajar : Robot Pintar, Agar Siswa Tidak Jenuh

Mahasiswa KUKERTA UNRI Ciptakan Inovasi Media Belajar : Robot Pintar, Agar Siswa Tidak Jenuh
Inovasi Mahasiswa KUKERTA UNRI.

Penulis : Fadia Khairunnisa 

 

DALAM ERA TEKNOLOGI INFORMASI yang terus berkembang, inovasi media belajar telah menjadi kunci utama dalam menghadapi tantangan dan kesempatan baru dalam dunia pendidikan. Media belajar inovatif memungkinkan para pendidik untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan efektif bagi para pelajar. 

Oleh karena itu, mahasiswa KUKERTA UNRI Desa Tanjung Belit menghadirkan inovasi media belajar dari robot yang mencakup beberapa mata pelajaran sebagai salah satu cara agar siswa SDN 002 Tanjung Belit tidak jenuh dan lebih semangat dalam belajar.

"Robot ini kami ciptakan dalam bentuk satu media yang memiliki beberapa mata pelajaran, seperti Pendidikan Agama Islam, IPA, Matematika, dan Pendidikan Kewarganegaraan. Kami juga menambahkan beberapa games dan hadiah menarik disetiap mata pelajaran agar siswa tidak mudah bosan" ujar Candra Firnanda, Koodinator Desa dari kelompok KUKERTA UNRI Desa Tanjung Belit.

"Karena terbatasnya waktu pembelajaran, hanya beberapa siswa yang ditunjuk dari perwakilan kelompok siswa yang menggunakan media robot pintar dan ternyata siswa sangat senang, karena seperti bermain sekaligus belajar hitung.
Bahkan, media belajar tersebut sengaja ditempatkan di kelas sehingga anak-anak bisa belajar dan bermain bersama dengan menyenangkan." ucap buk Risda, salah satu guru di SDN 002 Tanjung Belit.

Pembuatan robot pintar ini, sangat sederhana dan dibuat dengan bahan-bahan bekas yang mudah ditemukan di sekitar. Bisa menggunakan papan juga kardus dibentuk persegi-persegi lalu ditempel beberapa materi mata pelajaran.

Sebelumnya kami memang sudah beberapa kali mengajar di SDN 002 Tanjung Belit. Hanya saja memang harus dilakukan lebih berinovasi, sehingga ketika nantinya terjun sebagai guru akan memiliki banyak materi pembelajaran yang lebih inovatif lagi.

#Artikel Mahasiswa

Index

Berita Lainnya

Index