Aroma Durian Efektif Cegah Penularan DBD

736 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Demam berdarah yang diakibatkan nyamuk sedang berjangkit di kota Pekanbaru dalam bulan penghujan tahun ini. Musim hujan selain mengakibatkan rawannya sarang nyamuk, juga membanjirkan buah-buahan dari berbagai pelosok daerah, termasuk buah durian. Manfaat lain buah durian adalah mengusir nyamuk di lingkungan kita. 

Tips megusir nyamuk dengan bau buah durian ini telah diwariskan nenek moyang kita secara turun temurun. Selain tumbuhan durian, saat ini ahli ilmiah telah memanfaatkan beberapa aroma tumbuhan lainnya untuk mengusir nyamuk.

Seperti aroma bunga lavender, daun serai, aroma daun sirih dan sebagainya. Beberapa produk pengusir nyamuk dalam formula hand body telah membuktikan hal tersebut saat ini. Mungkin saja aroma buah durian yang kuat menyengat banyak yang tidak menyukainya untuk dijadikan produk pengusir nyamuk sejenis.

Anjuran nenek moyang kita ini juga telah terbukti oleh Lembaga Pengkajian Ilmiah (LPI) Bina Bangsa Jombang, Jawa Timur. Ternyata larutan buah durian ampuh untuk mengusir nyamuk. Hasil penelitian ini, akhirnya memperoleh predikat juara III dalam Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) 2007 yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Mumpung buah durian lagi banjir di kota Pekanbaru saat ini, maka tidak ada ruginya memanfaatkan kulit durian untuk mencegah penularan Demam Berdarah Dengue (DBD) di rumah anda. Caranya sangat mudah, hanya meletakkan sisa kulit buah durian atau buah durian itu sendiri di tiap ruangan rumah.

Bagi yang tidak suka bau durian tentu saja hal ini sedikit meresahkannya. Namun dibanding wabah DBD yang lebih mematikan itu, pilihan anda harus bertahan terhadap aroma durian tersebut jika tidak ada alternatif lain pengusir nyamuk di lingkungan rumah. Selamat mencoba.(Surya)



Posting Terkait