Riau Jadi Tuan Rumah Raker Gubernur se-Indonesia

561 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Riau kembali dipercaya menjadi tuan rumah kegiatan berskala nasional. Kegiatan tersebut dilaksanakan 21 hingga 22 Desember mendatang. Seluruh gubernur berkumpul untuk mengikuti rapat koordinasi Gubernur se-Sumatera dan rapat kerja Gubernur se-Indonesia di Pekanbaru.

Kepala Biro Humas Setda Riau, Zulkarnain, SH, MH mengungkapkan, raker gubernur se-Indonesia ini merupakan sebuah kehormatan bagi masyarakat Riau karena ini adalah kali pertama diadakan di luar Pulau Jawa yang biasanya dilakukan di Jakarta dan pernah di Jawa Timur. Raker ini merupakan kegiatan Departemen Dalam Negeri.

“Rakernas gubernur se-Indonesia ini merupakan agenda penting karena rapat tersebut akan membahas arah kebijakan kabinet Indonesia bersatu jilid II melalui program seratus hari dan 5 tahun mendatang,” ujar Kepala Biro Humas Setdaprov Riau di kantornya, Sabtu (19/12/09) ini di Pekanbaru.

Selain raker nasional gubernur se-Indonesia, sehari sebelumnya, atau tanggal 21 Desember juga akan digelar Rapat koordinasi (rakor) Gubernur se-Sumatera di Hotel Labersa. Berdasarkan undangan, hadir dalam rakor tersebut, Mendagri, Gubernur se-Sumetara, Ketua Asosiasi Pemerintah Propinsi seluruh Indonesia, Fauzi Bowo, Bupati/Walikota se Riau dan sejumlah Anggota Muspida.

“Dalam susunan acara, Gubernur Riau akan memberikan sambutan dan ekspos tentang perkembangan dan potensi Riau. Jadi ada dua agenda penting yang kita dipercaya menjadi tuan rumah,” paparnya.

Lebih lanjut Zulkarnain menjelaskan, kegiatan rakernas itu di awali dengan welcome dinner Gubernur se-Indonesia pada Senin (21/12/09) pukul 19.30 Wib bertempat di Hotel Labersa. Selanjutnya, Selasa (22/12/09) pukul 09.00 Wib Rapat kerja tersebut akan dibuka langsung oleh Mendagri, Gamawan Fauzi, SH.

Dijelaskan, selain membahas arah kebijakan pemerintah Kabinet Indonesia Bersatu jilid II, rapat tersebut juga membahas pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah, serta memberikan penguatan peran gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah.

“Thema raker Gubernur kali ini adalah pemantapan penyelenggaraan pemerintahan daerah sebagai bagian integral dari pemerintahan nasional. Kemudian, Selasa malam (22/12/09) dilanjutkan ramah tamah Wakil Presiden RI dengan Gubernur se Indonesia, anggota Muspida, tokoh masyarakat dan Bupati/Walikota se Riau,”ungkapnya.

Dalam rakernas tersebut, Wakil Presiden juga akan memberikan pembekalan kepada seluruh Gubernur se-Indonesia.

“Dalam kunjungan kerjanya kali ini, pak Wapres akan meninjau SMU PLUS Propinsi Riau sekaligus beramah tamah dengan para siswa. Kita berharap seluruh rangkaian kegiatan ini berjalan dengan lancar mulai dari rakor Gubernur se-sumatera hingga kunjungan Wapres di Riau ini,”harap Zul.(Surya/humas prov)

Posting Terkait