Peranap Lebih Tepat Lokasi PLTU

PEKANBARU (RiauInfo) – Lokasi pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berkapasitas 2X100 Mega Wat (MW) Provinsi Riau, dinilai lebih tepat di daerah Peranap Kabupaten Inhu. Penilaian ini berdasarkan bahan baku tenaga uap batu bara lebih banyak di daerah Inhu tersebut yang mencapai 7,2 milar ton. Sehingga, dari segi ekonomis, penyediaan bahan bakunya akan lebih irit dan dekat dengan lokasi PLTU nantinya.

Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit menyatakan hal tersebut terkait rencana pembangunan PLTU di Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Menurut Mambang, proyek pembangunan porgram 10.000 MW pemerintah pusat tersebut perlu dipastikan lokasinya di Peranap. Hal ini merupakan tindakan strategis bagi penyediaan tenaga listrik jangka panjang untuk Riau. Sehingga, proses pengerjaan pembangunan akan segera dilakukan.

“Secara ekonomis dan pertimbangan dari segi lainnya, lokasi pembangkit PLTU itu sangat strategis di Peranap. Karena daerah ini mempunyai cadangan batu bara yang berlimpah hingga 7,2 miliar ton sebagai bahan operasional PLTU. Hal ini sangat mendukung listrik Riau dari segi apapun untuk jangka panjang,”ungkap Mambang.(Surya)

Rizki: