Pemprov Akan Konsentrasi Dulu pada Roro Dumai

650 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Karena keberadaan pelabuhan Roro Tanjung Medang belum mendesak, maka Pemprov Riau saat ini mengkonsentrasikan diri pada pembangunan Pelabuhan Roro Dumai. Setelah Roro Dumai rampung perhatian baru dialihkan pada Roro Tanjung Medang. 

Kepala Dinas Perhubungan Riau Feizal Qamar Karim dalam keterangannya kepada wartawan Senin (12/2) di Pekanbaru mengatakan Pemprov Riau masih
terus melaksanakan pembangunan proyek multi years pembangunan pelabuhan penyeberangan ro-ro (roro-rol on rol out) Dumai sesesuai kontrak. Tahun ini akan lebih konsentrasi ke roro Dumai.

Dikatakannya, sampai saat ini pengerjaan roro Dumai terus berlanjut, bahkan saat ini progresnya semua tiang-tiang pancang sudah ada sehingga tinggal memasang semua tiang-tiang pancang yang ada tersebut.

“Dan sesuai rencana pembangunan roro Dumai ini tahun 2007 ini pembangunan sisi laut sudah selesai dan sisi darat selesai tahun 2008, sehingga 208 tersebut semua fasilitas roro Dumai sudah selesai, secara fisik pembangunan tersebut tidak ada masalah,” terang Feizal.

Pembangunan roro yang dilakukan secara bertahap dan sesuai dengan rencana, penyelesaian proyek ini akan menelan anggaran mencapai ratusan miliar rupiah ini selesai sekitar tahun 2008 mendatang.

“Tahun 2005 lalu, anggaran untuk tahap pertama sekitar Rp15 miliar dan tahun anggaran 2006 pembangunan tahap kedua sekitar Rp25 miliar. Sedangkan, besarnya anggaran untuk tahun 2007 masih sesuai kontrak awal,” paparnya

Saat ini secara prinsip pembangunan roro Dumai tidak ada masalah,namun permasalahan yang ada sekarang adalah masalah pengoperasian roro tersebut,”Setidaknya ada 3 permasalahan dalam pengoperasi roro ini,” kata Feizal.(Ad)

 

Posting Terkait