Pemilih Ganda Hadir Diseluruh Kabupaten/Kota

579 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Data pemilih ganda ditemukan di seluruh daerah tingkat II Riau. Saat ini KPUD Riau telah merampungkan formasi Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Pilkada Riau 2008 dan memberikan ke semua KPUD kabupaten/kota.

Meski belum dijelaskan secara rinci, Raja Syofyan Samad yang menjabat ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah Riau (KPUD) Riau, Kamis (27/03) menyebutkan, data pemilih ganda ditemukan di setiap kabupaten kota. Hal ini menjadi tanggung jawab KPUD kabupaten untuk memperbaikinya.

Perbaikan tersebut dilakukan sekitar dua pekan yang dijalankan dalam program uji publik dari susunan data DP4D tersebut. Sementara ini, tiap KPUD di kabupaten kota resmi telah menerima DP4D dan akan melakukan uji publik di daerah mereka masing-masing.

Kesalahan disinyalir akibat kelalaian petugas di lapangan yang hanya memenuhi kewajiban tanpa akurasi yang falid. Kasus ekstrim yang sangat mencolok bisa dilihat dari data yang menyatakan 1 Desa hanya terdapat 2 pemilih. Selain itu, kesalahan juga ditemukan dari nama pemilih yang sama atau disamarkan dengan data pemilih lainnya. Temuan ini menjadi kecenderungan data pemilih fiktif ada di sana.(Surya)

 

Posting Terkait