JAWAB PERMINTAAN PANWASLU… KPU Riau Akui Belum Terima Laporan Dana Kampanye

PEKANBARU (RiauInfo) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau mengaku belum menerima satu berkaspun laporan dana Kampanye dari Parpol dan Caleg di Riau, hingga Jumat (30/01/2009) ini. Pernyataan itu menyusul peringatan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Riau yang meminta KPU Riau segera meminta laporan dana Kampanye Parpol dan Caleg jelang jadwal Kampanye terbuka pada Maret mendatang. 

Bahkan, Panwaslu Riau menegaskan akan memproses KPU Riau hingga non aktif jika terbukti lalai dalam menegakkan Undang-Undang (UU) Pemilu tentang laporan dana Kampanye tersebut. UU Pemilu nomor 10 tahun 2008 pasal 129 tentang laporan awal dana kampanye menyatakan pelanggaran terhadap pasal tersebut akan sangat merugikan Parpol dan calegnya.

UU Pemilu itu memberikan sangsi pencoretan Calon Legislatif (Caleg) dari Daftar Calon Tetap (DCT) dan menggagalkan Partai Politik (Parpol) sebagai Peserta Pemilu. Anggota KPU Riau Lena Farida membenarkan belum adanya Caleg maupun Parpol yang memasukkan laporan dana Kampanye ke KPU Riau. Padahal, jadwal kampanye Pemilu 2009 sudah dimulai sejak 12 Juli 2008 silam hingga Kampanye terbuka pada Maret 2009 mendatang.

Dengan Jadwal Pemilu tersebut, KPU telah menetapkan masa kampanye tertutup dan terbuka bagi Parpol dan Caleg serta Pilpres nanti. Khusus kampanye Caleg, KPU telah menetapkn jadwal kampanye tertutup sebagai sosialisasi sejak 3 hari setelah Daftar Calon Tetap. Sedangkan kampanye terbuka dijadwalkan pada pertengahan Maret 2009 mendatang.

Masalah dana Kampanye Parpol dan Caleg, KPU sendiri mengaku telah memperingatkan setiap Parpol tentang hal ini jauh sebelum jadwal kampanye diberlakukan. Namun, sejumlah Parpol belum mampu memenuhi transparansi dana kampanye yang diatur UU Pemilu tersebut.

Sementara itu, KPU mengaku memerlukan penaganan khusus untuk mengaudit dana kampanye. KPU memerlukan tim audit dari akuntan Publik yang biasanya dipilih oleh KPU. Kendala lainnya adalah pedoman teknis dalam melakukan hal tersebut.(Surya)

 

Rizki: