DPRD Riau Sangsi Karhutla di Musim Kering

656 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Menyusul musim kering yang telah mewarnai wilayah Riau dalam bulan Februari 2010 ini, anggota DPRD Riau memperingatkan pihak terkait dengan bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Psalnya, kejadian yang dinilai sengaja dibakar itu merupakan tindakan yang harus dihentikan.

Anggota Komisi C DPRD Riau Solihin Dahlan menyatakan, kebakaran hutan dan lahan telah menjadi rahasia umum di Riau. Dimana, semua lahan yang terbakar bisa dipastikan sebagai lahan milik berbagai perusahaan perkebunan di Riau.

“Tidak ada masyarakat yang membakar lahan seluas itu. Saya yakin warga takut untuk membakar lahannya. Jika mereka bakar hanya dua hektar, ini tidak melanggar aturan. Sedangkan kebakran selama ini terjadi hingga puluhan ribu hektar lahan di Riau. Area kebakran itu umumnya bisa dipastikan sebagai area perusahaan,”terang Solihin.

Untuk itu, Solihin menghimbau agar pemerintah daerah Riau tidak saja memberikan tindakan pemadaman di lapangan. Namun lebih dari itu, tindakan pencegahan sangat diperlukan sebelum adanya kebakran hutan dan lahan memasuki musim kering di Riau.(Surya)

Posting Terkait