PWI Riau-BPJS Ketenagakerjaan Jalin Kerja Sama Perlindungan Keselamatan Kerja Wartawan

PWI Riau-BPJS Ketenagakerjaan Jalin Kerja Sama Perlindungan Keselamatan Kerja Wartawan
Kepala Kanwil Sumbar Riau Eko Yuyulianda bersama dengan Ketua PWI Riau Raja Isyam Azwar

PEKANBARU (Riauinfo) - Untuk memberikan perlindungan keselamatan kerja terhadap wartawan anggota PWI Riau yang dalam keseharian tugasnya sangat beresiko, BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbar Riau bersama PWI akan menjalin kerja sama dalam hal perlindungan keselamatan kerja bagi anggota PWI Riau.

Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbar Riau Eko Yuyulianda mengatakan, wartawan adalah salah satu profesi yang sangat berat tangung jawab dan resikonya.

Karena itu perlu ada jaminan perlindungan keselamatan kerja yang bisa mengurangi beban keluarga jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Untuk itu Eko memaparkan  sejumlah program perlindungan keselamatan kerja BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja termasuk wartawan.

"Ada beberapa program BPJS Ketenagakerjaan untuk karyawan dan pekerja. Termasuk juga untuk pekerja sektor informal dan kelompok pekerja rentan. Dengan premi yang cukup murah, karyawan dan para pekerja akan merasakan manfaat sangat besar dari program perlindungani ini," ungkap Eko saat menyambut kunjungan silaturahmi Ketua PWI Riau Raja Isyam Azwar bersama jajaran pengurus PWI Riau di Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbar Riau Jalan SM Amin, Selasa 9 Januari 2024.

Turut hadir, Bendahara PWI Riau Anthony Harry, Ketua Dewan Penasehat PWI Riau Kazzaini KS, Ketua Panitia HPN Riau 2024 Oberlin Marbun, Wakil Bendahara PWI Riau Luna Agustin, Wakil Sekretaris PWI Riau Dara Fitria.

Dipaparkan Eko, selama ini BPJS Ketenagakerjaan banyak menjalin mitra dengan perusahaan, lembaga organisasi dan pemerintah daerah, untuk program perlindungan pekerja.

Hanya saja BPJS Ketenagakerjaan masih sulit menjangkau pekerja sektor informal secara mandiri. Misalnya seperti mereka yang berprofesi sebagai asisten rumah tangga, pedagang keliling atau petugas kebersihan.

"Intinya BPJS Ketenagakerjaan siap bersinergi dengan PWI Riau, baik untuk perlindungan kerja wartawan maupun program lainnya seperti sekolah jurnalistik dan peningkatan kompetensi wartawan," terang Eko. 

Untuk langkah awal memulai hubungan kerja sama, BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbar Riau akan melakukan penandatangan MoU dengan PWI Riau, dalam rangkaian kegiatan pelantikan pengurus PWI, Kamis 11 Januari 2024.

Ketua PWI Riau periode 2023-2028 Raja Isyam Azwar menyampaikan apresiasinya atas sambutan manajamen BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbar Riau.

Raja Isyam menyampaikan ketertarikannya dengan program-program perlindungan pekerja yang dipaparkan BPJS. Yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP).

"Sepertinya kita harus kerja sama ni, karena ada beberapa program dari BPJS yang sangat cocok untuk kita di PWI," ujar Raja.

Dalam kesempatan itu, Raja menjelaskan keberadaan PWI secara organisasi. PWI memiliki anggota sekitar 1.186 orang. Secara profesi, belum semua wartawan yang memperoleh perlindungan keselamatan kerja. Karena itu PWI Riau akan menjajaki kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Raja Isyam juga menguraikan program kerja PWI dalam waktu dekat seperti pelantikan pengurus PWI Riau Periode 2023-2028, kegiatan puncak Hari Pers Nasional di Jakarta dan tingkat provinsi Riau di Kuansing, serta Porwanas bulan Agustus mendatang.

"Itulah rangkaian kegiatan PWI di tahun ini. Kami berharap mendapat dukungan dari BPJS Ketenagakerjaan juga. Ada juga sekolah jurnalistik dan uji kompetensi wartawan," terang raja.

Turut hadir dari BPJS Ketenagakerjaan pada pertemuan tersebut, Wakil Kepala Wilayah Keuangan Dan Manajemen Risiko
Romy Enriko, Wakil Kepala Wilayah Digitalisasi Human Capital Dan Aset Rafik Ahmad, Kepala Kantor Cabang Pekanbaru Panam Anwar Hidayat, Kepala Kantor Cabang Pekanbaru Kota Iman Santoso Achwan.***

#PWI

Index

Berita Lainnya

Index