Tio Pakusadewo, Calon Aktor Terbaik Usmar Ismail Award 2016

1058 views

tio1 (Custom)

JAKARTA (RiauInfo) – Aktor papan atas Tio Pakusadewo mengaku tak pernah menganggap remeh acting apapun yang diterimanya dari setiap sutradara atau produser. Setiap dapat tawaran acting diakuinya selalu diterima dengan kesiapan berakting  total. “Saya harus berakting secara total untuk mendapatkan kualitas yang maksimal. Saya pantang berakting setengah setengah. Dari sejak awal terjun ke lahan acting saya selalu begitu…” tutur Tio Pakusadewo ketika berbincang dengan wartawan di Jakarta, pekan lalu.

Dampak dari keseriusannya berakting itu, Tio – begitu actor bernama lengkap Irwan Sesetyo Pakusadewo ini akrab disapa wartawan – telah mengantongi hasilnya. Sejak menekuni dunia film tahun 1990, sudah sekitar 40 judul film bioskop dibintanginya. Belum lagi di sinetron, beragam  acting telah dimainkannya. Beragam penghargaan film telah pula diterimanya.

Untuk penghargaan sebagai actor terbaik misalnya, telah dua kali diterimanya, termasuk beberapa kali namanya lolos dalam babak nominasi aktor terbaik. “Saya jadi actor terbaik sedikitnya sudah dua kali, yakni saat ikut Festival Film Indonesia tahun 1991, melalui acting saya di film Lagu Untuk Seruni. Saya main total di film itu. Dan hadiahnya,  aktor terbaik.. Kemudian ikut FFI 2009 melalui film Identitas yang saya lakoni dan ikut FFI, saya dapet actor terbaik juga.” Ujar Tio sambil tersenyum.

Dan kini namanya disebut-sebut para juri Usmar Ismail Award 2016 akan mendapat hadiah penting lagi. Apa bentuknya, para juri belum mau membocorkannya. Namun yang pasti Tio Pakusadewo sangat dipuji kualitas aktingnya dalam film Surat Dari Praha.

“Saya yakin dia paling berpeluang menjadi actor terbaik,” ujar seorang juri sambil mengingatkan malam puncak Usmar Ismail Award akan diumumkan hari Sabtu 2 April 2016 dan Trans 7 akan menayangkannya secara langsung dari balai kartini, Jakarta, mulai pukul 20.30 WIB.

Jika itu benar, berarti untuk ketiga kalinya Tio Pakusadewo menerima gelar Aktor Terbaik. Tapi Tio merendah saja ketika dikabari soal peluangnya menjadi actor terbaik di Usmar Ismail Award.

“Kalau betul, tentu saya senang, karena itulah gelar pertama saya terima atas akting total  di film Surat Dari Praha,” jelas Tio seraya menambahan bahwa tidak ada yang sia-sia jika seorang aktor dan aktris berakting total di film.
Malah, Tio mengaku, dengan berakting total di film, namanya akan semakin diperhitungkan sebagai seorang aktor. Lebih dari itu, jika mujur,  ikut FFI, film tyang dibintangi bisa menang, begitu juga aking para bintangnya akan dinilai positif para juri.  “Saya merasakan manfaatnya, karena itu saya selalu bermain sebaik baiknya di setiap film saya…” lanjut aktor kelahiran Jakarta 2 September 1963 ini. (Herman Ami)

usmar ismail award

Posting Terkait