Sampel Darah Penderita di Pekanbaru Positif Chikungunya

651 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Hasil tes sampel darah yang diambil dari penderita penyakit aneh di Jalan Aceh Pekanbaru, akhirnya disimpulkan bahwa penderita tersebut positif menderita Chikungunya. Ini berarti wabah penyakit tersebut sudah menjalar sampai ke Pekanbaru. 

Semula penyakit itu sempat dianggap misterius, karena pihak Dinas Kesehatan Pekanbaru tidak mengakuinya sebagai Chikungunya. Bahkan Kepala Diskes Pekanbaru Syaiful Rab mempersalahkan wartawan karena terlalu cepat menyimpulkannya sebagai Chikungunya.

Padahal dari gejala-gejala yang dialami penderita, penyaki tersebut sangat mirip Chikungunya yang sempat mewabah di di sejumlah kota di Indonesia. Bahkan penyakit ini cepat menyebar dimana-mana, tidak hanya di Jalan Aceh saja, tapi juga terdapat di tempat lainnya di Pekanbaru.

Kasubdin Pelayanan Medis dan Gizi Diskes Pekanbaru, Buhanuddin Agung ketika dihubungi membenarkan bahwa penyakit yang diderita warga di Jalan Aceh itu positif Chukungunya. “Dari lima sampel darah yang dikirim ke Jakarta, satu dinyatakan positif Chikungunya,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Diskes Pekanbaru Syaiful Rab akhirnya juga membenarkan bahwa penyakit yang diderita warga di Jalan Aceh itu memang Chikungunya. “Dari hasil laboratorium di Litbangkes) Depkes RI di Jakarta penyakit itu memang Chikungunya,” ungkapnya.

Dengan dinyatakannya positif Chikungunya, kini kawasan tersebut semakin ketat diawasi petugas agar warga lain tidak tertular. “Sebenarnya penyakit ini tidak berbahaya, tapi kita akan tetap mengantisipasi agar tidak menular ke orang lain,” tambahnya lagi.(Ad)

Posting Terkait