Open Kitchen McDonald’s Indonesia

Ini Dia Rahasia Ayam Goreng McD yang Renyah dan Gurih

Ini Dia Rahasia Ayam Goreng McD yang Renyah dan Gurih
Sesi Talkshow Rahasia Krispy & Juicy Ayam McD

JAKARTA (Riauinfo) – McDonald’s Indonesia hari ini mengadakan kegiatan Open Kitchen untuk membagikan rahasia dibalik proses pembuatan ayam gorengnya yang renyah dan gurih. Kegiatan yang dilakukan bersama sejumlah rekan media ini diselenggarakan di restoran McDonald’s Salemba Raya, Jakarta Pusat dengan tujuan untuk memberitahu masyarakat bahwa McDonald’s Indonesia selalu berusaha untuk menyajikan ayam goreng yang nikmat lewat proses pembuatan yang aman dan terjamin.

Kepuasan pelanggan adalah prioritas utama McDonald’s Indonesia. Maka dari itu, McDonald’s Indonesia mempunyai sejumlah ahli yang bertanggung jawab penuh terhadap keseluruhan proses pembuatan ayam goreng, yang disebut Spesialis Ayam McD. Para Spesialis Ayam McD yang sebelumnya sudah melalui pelatihan dan pembekalan keterampilan khusus ini harus menjaga konsistensi kualitas Ayam Goreng McD dan memastikan ayam goreng yang dibuat sudah memenuhi kriteria Gold Standard yang selama ini terus diimplementasikan McDonald’s Indonesia. Daging ayam yang akan dimasak selalu didatangkan setiap hari dalam kondisi segar dan langsung dari pemasok. Dimasak dengan teknik yang spesifik dan presisi, apa pun jenis potongannya akan menghasilkan ayam goreng yang renyah dan gurih di setiap gigitan. Komitmen dan usaha ini sejalan dengan visi McDonald’s untuk menjadi restoran cepat saji dengan pelayanan terbaik yang selalu menjamin mutu produk-produknya, memberikan pelayanan yang memuaskan, serta menawarkan kebersihan dan keamanan produk pangan serta nilai-nilai tambah lainnya. 

Caroline Kurniadjaja, Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia, mengatakan, “Ayam goreng yang kami sajikan kepada konsumen telah melalui proses presisi yang diolah dan dimasak oleh para ahli yang disebut Spesialis Ayam McD. Mereka yang ingin menjadi Spesialis Ayam McD wajib mengikuti pelatihan khusus dan menguasai seluruh proses produksi ayam goreng di dapur McDonald’s Indonesia. Hanya lulusan dengan verifikasi 100% yang berhak menyandang gelar ini. Mereka dapat dengan mudah dikenali dengan topi dan celemek merahnya”.

Selain menjaga kualitas bahan yang digunakan, Spesialis Ayam McD juga harus memastikan proses pembuatan selalu mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan oleh McDonald’s Indonesia. Berikut adalah tahapan dalam membuat Ayam Goreng McD yang renyah dan gurih: 

  • Proses persiapan dimulai dengan merendam ayam di air dingin bersuhu 1-4 derajat celsius. Suhu dan durasi perendaman perlu diperhatikan karena akan berpengaruh terhadap tekstur tepung bumbu pada saat penggorengan
  • Penepungan dilakukan dengan memijat ayam dengan tepung bumbu sebanyak dua kali. Proses ini harus memperhatikan teknik menepiskan tepung bumbu untuk memastikan tekstur yang krispi
  • Pada proses penggorengan, ayam disusun di keranjang penggorengan agar seluruh potongan dan bagian ayam dapat matang dengan sempurna. Ayam digoreng dengan minyak berkualitas yang sudah memiliki sertifikat Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) dengan cara yang presisi.
  • Ayam goreng disimpan di tempat bersuhu 82 derajat celcius untuk menjaga ayam goreng agar tetap renyah, gurih, dan hangat saat disajikan. 

Proses pembuatan Ayam Goreng McD yang membutuhkan keterampilan dan ketelatenan yang tinggi ini membuktikan tekad kuat McDonald’s Indonesia dalam menyuguhkan santapan Ayam Goreng McD yang renyah dan gurih. Imam Gazali, Quality Assurance Manager of McDonald’s Indonesia menambahkan, “Kualitas ayam yang diolah menjadi faktor penting dari ayam goreng yang akan disajikan nantinya. Semua pemasok ayam kami telah menerapkan standarisasi keamanan hayati atau biosecurity agar memenuhi kriteria keamanan pangan atau food safety, dan yang terpenting adalah memenuhi persyaratan halal. Kami harus memperhatikan semua hal ini agar kualitas ayam tetap segar ketika diantarkan setiap pagi hari ke seluruh gerai McDonald’s Indonesia”.

Selain kegiatan Open Kitchen untuk rekan media ini, McDonald’s Indonesia pada tanggal 22 Mei 2023 lalu juga sudah mengundang empat influencer ternama Indonesia untuk mengunjungi restoran McDonald’s Salemba Raya dan menyaksikan langsung proses pembuatan Ayam Goreng McD. Keempat influencer tersebut adalah kreator konten Agung Karmalogy dan Aul Tutorial Hidup, chef Martin Natadipraja, dan chef Victor Agustino. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan yang sama, yaitu untuk menginformasikan khalayak umum tentang proses pembuatan Ayam Goreng McD yang gurih dan renyah, namun dalam platform yang berbeda.

“Sebagai seorang chef, saya telah banyak mencoba dan juga membuat masakan olahan ayam, khususnya ayam goreng. Rasa penasaran saya terhadap rahasia yang menjadikan ayam goreng McDonald’s renyah dan gurih akhirnya terjawab setelah saya melihat langsung proses pembuatannya di dapur McDonald’s Indonesia dengan berbagai teknik presisi, yang meski tampak sederhana namun sangat berpengaruh terhadap kualitas ayam goreng yang dihasilkan”, pendapat Martin Natadipraja terhadap standardisasi dan proses presisi yang menjadikan Ayam Goreng McD ini salah satu menu favoritnya.

 


 

Berita Lainnya

Index