Dukung Pendidikan Digital Inklusif, IOH Kembali Gelar Kelas Pendampingan Coding bagi Penyandang Disabilitas

Dukung Pendidikan Digital Inklusif, IOH Kembali Gelar Kelas Pendampingan Coding bagi Penyandang Disabilitas
M. Fauzan Azhim salah satu peserta IDCamp Bootcamp 2022 sedang mengikuti program pelatihan coding secara online

JAKARTA (Riauinfo) – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) kembali menggelar kelas pendampingan coding bagi penyandang disabilitas pada IDCamp Bootcamp 2022. IOH menyelenggarakan kegiatan untuk keempat kalinya tahun ini dengan semangat teknologi digital yang inklusif, terbuka untuk semua orang, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Program IDCamp Bootcamp 2022 for Disabilities ini juga sekaligus diselenggarakan untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional yang bertujuan agar setiap masyarakat Indonesia mendapatkan hak yang sama dalam hal pendidikan.

IDCamp (IOH Digital Camp) merupakan program pelatihan coding secara online untuk meningkatkan kompetensi dan memenuhi kebutuhan talenta digital Indonesia menuju era ekonomi digital. IDCamp yang merupakan program CSR IOH di dalam pilar Pendidikan Digital ini juga bertujuan untuk mendukung rencana pemerintah dalam menyiapkan talenta digital yang siap bersaing di era ekonomi digital. Sebab, berdasarkan data World Bank, Indonesia saat ini memerlukan 9 juta talenta digital hingga 2030. Dengan demikian, diperlukan 600.000 talenta digital per tahun dengan kebutuhan programming coding sebagai salah satu kompetensi utama yang harus dipenuhi.

SVP-Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang, mengatakan, “Program IDCamp yang terbuka bagi semua orang di Indonesia kembali hadir di tahun 2022, untuk terus mendukung talenta digital muda, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional, program bootcamp bertujuan untuk mengajak para peserta dapat maju bersama-sama, membuat lompatan ke masa depan, serta menjadi kebanggaan bagi pribadi dan keluarga. Kami yakin para peserta dapat termotivasi untuk lebih berdaya dan bisa meningkatkan kualitas kehidupan mereka di masa depan.” 

IOH secara konsisten menyelenggarakan bootcamp-bootcamp IDCamp sejak 2019. Sebanyak 2.200 orang atau 1,2% dari total peserta berkebutuhan khusus sudah mendapat manfaat dari program IDCamp. IDCamp 2022 sendiri memiliki 8 alur belajar, di antaranya Android Developer, Front-End Web Developer, iOS Developer, Machine Learning Developer, Back-End Developer, Multi Platform Apps Developer, React Web Developer, dan DevOps Engineer. 
(***)

Berita Lainnya

Index