BNP2TKI RAKOR DI PEKANBARU… Pos Pelayanan Dumai Cegah TKI Ilegal

765 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) menggelar rapat koordinasi Regional dengan sejumlah instansi terkait di Pekanbaru, Rabu (27/05/2009) ini. Rakor ini bertujuan untuk memaksimalkan segala bentuk pelayanan terhadap TKI.

Provinsi Riau merupakan salah satu pintu gerbang transisi bagi para TKI ke luar negeri. BNP2TKI secara resmi telah menempatkan pos pelayanan TKI di Kota Dumai. Kepala BNP2TKI Mohamad Jumhur Hidayat mengatakan, upaya melindungi dan mengawasi TKI telah dilakukan dari segala aspek yang terkait dengan TKI.

Seperti dari segi keberangkatan, kepulangan, sistim perekrutan dan administrasi hingga kepada perlindungan bagi TKI. Salah satu upaya melindungi TKI dari dalam negeri dilakukan dengan membuat pos pelayanan di pintu-pintu gerbang TKI, salah satunya di Dumai.

Pos pelayanan Dumai ini digunakan untuk melayani TKI yang akan transit ke Luar Negeri dari berbagai provinsi di Sumatera. Pelayanan diberikan terkait dengan perlindungan bagi TKI adalah memberikan kepastian syarat administrasi dan lainnya bagi TKI. Sehingga semua TKI yang akan berangkat dan yang akan masuk lagi ke Indonesia telah dipastikan secara administrasinya lenkap.

“Tugas BNP2TKI adalah melayani, menertibkan, mengkoordinasi dan mengawasi hal yang berkaitan dengan TKI. Pos pelayanan ini merupakan salah satu wujud untuk menertibkan agar tidak ada lagi yang namanya TKI ilegal. Jika TKI ini ilegal, maka segala masalah yang merugikan TKI selama ini tidak akan bisa ditindaklanjuti,”ungkap Moh Jumhur Hidayat kepada wartawan.

BNP2TKI mencatat selama ini jumlah TKI kian meningkat setiap tahunnya. Jumlah TKI yang berangkat secara resmi dengan dokumen ketenagakerjaan tahun 2008 mencapai 4,5 juta orang. Sedangkan yang berangkat dan bekerja secara non prosedural sekitar 1,5 juta orang. Sehingga perlindungan dan pengawasan serta koordinasi sangat diperlukan untuk melindungi TKI baik sebelum berangkat maupun akan kembali ke tanah air.(Surya)

Posting Terkait