300 Anak Ikuti Lomba Balita Sehat di Minas

762 views
PEKANBARU (RiauInfo) – Sekitar tiga ratus anak di bawah lima tahun meramaikan lomba balita sehat Minas yang diadakan di kantor Desa Minas Timur. “Kegiatan ini sangat membantu masyarakat di Minas,” kata Titik Sumanti, ibunda M. Junior Bretama pemenang pertama balita sehat Kecamatan Minas.

Diharapkan program ini lebih ditingkatkan tidak hanya gizi yang diberikan ke anak-anak tetapi juga pelayanan masyarakat ini bisa menjangkau daerah yang jauh dari posyandu di sini, lanjut Titik yang juga seorang guru di SMPN 4 Minas.

Acara ini didukung sepenuhnya oleh SKKMigas-PT Chevron Pacific Indonesia yang bekerja sama dengan Ibu-Ibu Chevron Minas (IICM), Puskesmas Minas, Tim Penggerak PKK Kecamatan Minas dan Kader Posyandu Minas. Hadir pada saat pengumuman pemenang Lomba Balita Sehat ini Camat Minas Afrizal, Kepala Desa Minas Timur Rusdi, SE, Kepala Puskesmas Minas dr. Yanti, General Manager Sumatra Light South Operations Wahyu Budiarto dan Ketua Ibu-ibu Chevron Minas Rina Hasyim.

“Kegiatan rutin posyandu dan Lomba Balita Sehat diharapkan mampu mendukung upaya pencapaian Millenium Development Goals (MDG) yang sudah menjadi komitmen pemerintah, khususnya target no 4 yaitu menurunkan angka kematian balita hingga dua pertiga dalam kurun waktu 1990-2015 dengan indikator angka kematian balita per 1000 kelahiran hidup,” kata Wahyu Budiarto General Manager Sumatra Light South Operations dalam sambutannya.

“Kami harap kegiatan ini dapat menginspirasi orang tua untuk selalu berupaya meningkatkan kesehatan balitanya melalui upaya sederhana, semisal memeriksakan kesehatan balita melalui posyandu yang dilaksanakan setiap bulan di lingkungan Kecamatan Minas, melaksanakan pola hidup sehat, serta memberikan makanan tambahan yang memenuhi kebutuhan gizi dan vitamin balita,” pungkas Wahyu.

Pemenang pertama balita sehat kategori 6-24 bulan adalah M. Junior Bremana disusul ditempat kedua hingga keenam adalah Dini ramadani, Muh. Alfajri, Ilham Hadi, Jefrey dan Aliya. Sedangkan untuk kategori 25-60 bulan pemenang pertama adalah Rangga Satria. Pemenang kedua hingga keenam adalah Muh Akbar, Desi Suranti, Maria Sagita, Citra Rahayu dan Ella Karim. Kriteria pemenang adalah pertumbuhan, perkembangan dan kesehatan balita. Para pemenang, yang berasal dari 1 puskesmas pembantu dan 2 polindes, mendapatkan hadiah berupa bed cover, karpet bermain, handuk dan lain-lain.

Sejak beberapa tahun lalu, IICM menyelenggarakan program posyandu untuk balita di Kecamatan Minas yang diadakan oleh SKKMigas-Chevron. Akhir tahun 2010, posyandu ini mendapat kunjungan kehormatan dari perwakilan Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan PBB untuk urusan anak-anak UNICEF. Mulai 2011, kegiatan posyandu bulanan ini tidak saja menjangkau balita, tetapi juga ibu hamil. Setiap bulan, jumlah peserta juga terus meningkat. Sepuluh bulan terakhir, program posyandu diadakan di Kelurahan Minas Timur. Hari ini adalah puncak pelaksanaan program posyandu bulanan dengan diadakannya Lomba Balita Sehat di kelurahan tersebut.

Usaha Chevron untuk membantu peningkatan kesehatan ibu dan anak di Kabupaten Siak juga diwujudkan melalui dukungan pembiayaan program kemitraan tripartit Chevron-JHPIEGO-Dinas Kesehatan Siak berupa revitalisasi desa siaga yang dilaksanakan tahun 2011-2012. Beberapa pencapaian penting program itu, diantaranya, dipakainya model program ini oleh Pemkab Siak di 4 kecamatan, terbentuknya Kelompok Kerja Teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Siak, terbentuknya Forum Desa Siaga Kec. Minas, meningkatnya pengetahuan para bidan desa di Minas tentang kesehatan ibu dan anak, dan berjalannya 4 sistem Desa Siaga di 4 desa siaga dan 1 kelurahan siaga yang terdiri dari 6 RW siaga.(zas/rls)

Posting Terkait