WUJUDKAN PERAN NYATA MAHASISWA RIAU DARI NEGERI SEBERANG PMRM Ikut Membangun Riau

PEKANBARU (RiauInfo) – Persatuan Mahasiswa Riau se-Malaysia (PMRM) mengadakan Musyawarah Besar VIII di Sekretariat Pengurus Besar PMRM Kajang, Selangor Darul Ehsan, Malaysia. Terpilih sebagai Ketua Umum adalah Abdul Halim Mahally, LLB (Hons), MPIR, untuk masa bakti 2011-2012.

Abdul Halim Mahally adalah mahasiswa Program S-3/Doktoral Jurusan Strategic Studies & Security Issues, Faculty Social Sciences & Humanities pada National University of Malaysia, Selangor Darul Ehsan. Ia merupakan dosen di berbagai universitas di Jakarta dan dosen terbang Program S-2 di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.
Selain itu Abdul juga tercatat sebagai aktivis mahasiswa sejak di Universitas Islam Antarabangsa, Islamabad dan mantan Staf Ahli Duta Besar Indonesia untuk Republik Islam Pakistan di Islamabad.

Dalam kepengururusan baru ini, ia bertekad untuk semakin meningkatkan peran nyata mahasiswa Riau di Malaysia dalam memberikan kontribusi bagi Bumi Lancang Kuning dari berbagai aspek, baik keilmuan maupun pada masalah-masalah sosial kemasyarakatan.

Seluruh Mahasiswa Riau di perantauan Malaysia dihimbau untuk bersama-sama meningkatkan karya akademis dan memberikan sumbangsih pemikiran kepada pemerintah dan legislative Provinsi Riau dalam rangka turut serta dalam regional building development.

Perkembangan demi perkembangan yang ada di Tanah Melayu Riau akan menjadi perhatian serius para mahasiswa Riau yang sedang studi di Malaysia. Apalagi, sudah banyak alumni Mahasiswa Riau di Malaysia yang berkiprah baik di pemerintahan maupun lembaga legislative Riau serta di dunia akademis. Hal ini mengingat banyak para dosen di berbagai universitas di Riau yang menempuh pendidikan Doktoral maupun S-2 di sejumlah universitas terkemuka Malaysia.

Beberapa kegiatan mahasiswa Riau di Malaysia yang pernah dilaksanakan pada berbagai event di Malaysia adalah: turut serta dalam menyelenggarakan seminar bilateral Riau – Malaysia tentang ekonomi dan pendidikan; mengupayakan kerjasama pertukaran mahasiswa Riau – Malaysia; dan membantu proses lancarnya anugerah gelar Doktor Honoris Causa untuk Gubernur Riau, Rusli Zainal, MP dari Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) pada 8 Agustus 2010 lalu.

Dalam pidato resminya, Ketua Umum PMRM Abdul Halim Mahally bertekad akan membawa PMRM sebagai organisasi kedaerahan yang melebihi dan unggul dibandingkan dengan organisasi-organisasi kemahasiswaan Indonesia lainnya di seluruh Malaysia. “Kita akan menggelar berbagai seminar berskala besar bekerjasama dengan KBRI Kuala Lumpur dan pihak – pihak terkait di pemerintahan PM Dato Mohd. Najib Tun Razak termasuk mendatangkan para pembicara dari Jakarta dan para pejabat Riau”.

Dalam struktur kepengurusan PMRM yang diumumkan secara resmi pada 14 Maret 2011 yang lalu, Gubernur Riau, Ketua DPRD Riau dan Kepala Dinas Pendidikan Riau adalah Dewan Pelindung Organisasi. (rls)

Rizki: