Wilayah Pesisir Riau Rawan Puting Beliung

598 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Pekanbaru mendapatkan angin kencang rawan melanda sejumlah wilayah provinsi Riau Rabu (3/09) ini. Perkiraan angin kencang itu menyusul tekanan rendah dan penguapan panas bumi yang terjadi siang ini di Riau. 

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Stasiun Pekanbaru, melalui staf analisa Ardhitama mengatakan, angin kencang tersebut bahkan bisa dikatakan akan muncul dalam bentuk Puting Beliung. wilayah yang paling rawan tertimpa puting Beliung itu adalah wilayah Pesisir Pantai provinsi Riau.

Wilayah itu seperti wilayah kabupaten Bengkalis, Rokan Hilir, Dumai, Inderagiri Hilir dan wilayah kabupten Pelalawan dan sekitarnya. Angin kencang yang tergolong Puting Beliung itu berkecapatan mencapai 30 knot atau setara dengan 30 kilometer per jam.

“Tekanan rendah di perairan Riau dan temperatur tinggi mencapai 33 Derjat Celcius rawan menimbulkan angin kencang di wilayah pesisir pantai Riau tersebut. Biasanya angin kencang itu datang sebelum hujan atau sekalian beserta hujan,”terang Ardhitama.(Surya)

Posting Terkait