Warga Meranti di Jakarta Gelar Halal Bihalal di TMII

805 views

JAKARTA (RiauInfo) – warga Kepulauan Meranti yang berada di seputar Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek) menghadiri acara halal bihalal masyarakat Meranti di anjungan provinsi Riau, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Acara Halal bihalal 1430H, yang digelar oleh Ikatan Keluarga Besar Masyarakat Meranti Jabodetabek dan bertajuk Menjalin Silaturrahmi, Melepas Rindu, Bersatu Hati, Membangun Daerah itu dihadiri oleh Kepala Badan Kantor Penghubung Tarmizi Nata Nasution, tokoh masyarakat Meranti dan penanggungjawab acara Firdaus Jamil itu juga dibarengi dengan acara deklarasi Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Meranti.

Sesuai tema acara, panitia sengaja menciptakan acara halal bihalal dengan menghidangkan berbagai jenis makanan yang didatangkan dari Kepulauan Meranti. Diantara yang terdapat di buffet adalah mie sagu, cucur udang, bolu kemojo, sagon, sencalok, kripap, ikan biang, ikan lomik, tumis belacan dan terung pipit.

Menurut Firdaus, pihaknya sengaja mendatangkan makanan secara langsung agar tamu yang hadir merasa di kampung halaman sendiri. “Kami sengaja membawa makanan langsung dari Meranti seluruh tamu bisa terobati rasa kangennya dengan makanan khas Meranti, ” katanya.

Firdaus mengaku puas atas sambutan positif masyarakat Meranti di seputar Jabodetabek yang terlihat antusias mengikuti halal bihalal. Karena itu dirinya berharap akan terjalin silaturrahmi dan persaudaraan yang erat diantara masyarakat Kepulauan Meranti yang sedang merantau dari tanah kelahirannya.

Firdaus yang telah merantau selama 25 tahun di Jakarta, merasa sedih karena belum ada wadah komunikasi yang bisa memfasilitasi kegiatan masyarakat Kepulauan Meranti di Jakarta. Kesedihan kian timbul setiap hari raya Idul Fitri di Jakarta. Dengan adanya halal bihalal ini, maka
persaudaraan akan semakin erat khususnya dengan adanya wadah ini.

“Tiap lebaran, badan di Jakarta, tapi hati di kampung halaman. Nah, dengan adanya wadah ini, maka bisa menghilangkan rasa kangen warga Meranti di Jakarta, “ujar Firdaus yang juga selaku Ketua Umum Meranti Center Jakarta didampingi ketua panitia acara Irwanto.

Sementara Tarmizi dalam sambutannya meminta agar seluruh warga Meranti di perantauan membangun komunikasi secara aktif dan berkesinambungan. “Komunikasi hal sepele tapi kadang sulit dipraktekkan. Jadi komunikasi adalah hal penting untuk menjalin silaturrahmi, ” ujarnya.(ad/rls)

Posting Terkait