Usai Lebaran Pendatang Baru Meningkat, Pemko Pekanbaru Gelar Razia

537 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Seperti tahun-tahun sebelumnya, usai lebaran ini jumlah pendatang baru di Pekanbaru mengalami peningkatan. Mereka biasanya datang bersama warga Pekanbaru yang melakukan mudik lebaran ke kampung halamannya. 

Terkait meningkatnya mendatang baru itu, Walikota Pekanbaru Herman Abdullah memerintahkan Dinas Pendaftaran Penduduk (disduk) dan Satpol PP untuk menggelar razia KTP. “Ini untuk mengantisipasi lonjakan penduduk Kota Pekanbaru yang tidak memiliki aktu identitas,” ujar Herman kepada wartawan.

Dia menyebutkan, pasca lebaran ini biasanya arus mendatang baru ke Pekanbaru mengalami peningkatan. Mereka datang berbarengan dengan warga Pekanbaru yang sebelumnya melakukan mudik lebaran. Begitu pulang ke Pekanbaru, pemudik itu membawa serta sanak famili atau kenalannya di kampung.

Selain memerintahkan razia KTP, Herman juga minta kepada RT/RW untuk mendatangi warga baru di lingkungan mereka yang tidak melapor dalam waktu 1 x 24 jam. Warga baru itu harus ditanyai berapa lama menetap, apakah untuk sementara atau berlibur atau mencari kerja.

Herman tidak mengharapkan para pedagang baru itu berada di Pekanbaru hanya sebagai pengangguran saja. “Kalau mereka memang punya keahlian dan punya peluang bekerja, silahkan saja. Tapi kalau hanya menambah angka pengangguran di Pekanbaru saja, lebih baik kembali saja ke kampung halamannya,” tambahnya lagi.(Ad)

 

Posting Terkait