Tujuh Film Pilihan Juri Usmar Ismail Award 2016

1024 views

 

7-Film-Pilihan-UIA-2016 (Custom)

JAKARTA, (RiauInfo) – Sebanyak 15 wartawan juri Usmar Ismail Award 2016  berhasil menetapkan 7 film pilihan. Film tersebut  akan disaring lagi  menjadi 3 film yang bersaing di babak nominasi. Ketujuh film itu Surat Dari Praha, Siti, Dibalik 98, Guru Bangsa Tjokroaminoto, Melihat Hilal, A Copy of My Mind dan Bulan Di Atas Kuburan.

Penetapan 7 film pilihan hasil seleksi dari 146 judul yang dinilai itu sempat diwarnai perdebatan dan voting saat penjurian berlangsung di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan, kemarin. Hadir menyaksilkan jalannya penjurian, penggagas sekaligus Ketua Panpel Adisurya Abdi, Ketua bidang penjurian dan humas UIA 2016 Teguh Imam Suryadi, juga Irwan, putra almarhum Usmar Ismail.

“Nominasi akan diumumkan 18 Maret dan disiarkan Trans 7.  Di acara itu ketahuan 7 film pilihan tersaring hanya 3 film lolos ke babak nominasi. Puncak kegiatan ini akan digelar  2 April, sekaligus merayakan Hari Film Nasional,” ujar Teguh Imam Suryadi.

Bersamaan dengan itu, para juri juga menetapkan 7 nama nominasi lainnya pada masing masing 10 kategori yang dinilai yaitu sutradara, aktor utama, aktris utama, aktor pendukung, aktris pendukung, editing, sinematografi, penata musik, penata suara dan penata artistik.

Untuk Aktor  terpilih Tio Pakusadewo (Surat Dari Praha), Reza Rahadian (Kapan Kawin), Cicho Jerikho (A  Copy Of My Mind), Deddy Sutomo (Mencari Hilal),Tio Pakusadewo (I am Hope), Vino G Bastian (Toba Dreams) dan Reza Rahadian (Guru Bangsa Tjokroaminoto).

Untuk aktris pilihan ada Tatjana Saphira (Surat Dari Praha), Tarra Basro (A Copy Of My Mind), Sekarsari (Siti), Ine Febriyanti (Nay), Adinia Wirasti (Kapan Kawin) dan Chelsea Island (Dibalik 98).

Sedangkan sutradara  Garin Nugroho (Guru Bangsa Tjokroaminoto) yang diprediksi akan menjadi sutradara terbaik tampaknya akan bersaing ketat dengan Dwimas Angga Sasongko (Surat Dari Praha), Ismail Basbeth (Mencari Hilal), Edo Sitanggang (Bulan Di Atas Kuburan), Eddie Cahyono (Siti) dan Joko Anwar (A Copy Of My Mind).

(Ami Herman)

Award festival film

Posting Terkait