Titik Api Menyala di Enam Provinsi Sumatera

872 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Cuaca panas kembali menyuburkan titik api di wilayah Riau. Sedikitnya 5 kabupaten di Riau kembali menjadi sasaran sebaran kebakaran hutan dan lahan, Kamis (12/06) ini. Termasuk Riau, 6 wilayah Sumatera tercatat sebagai sebaran hotspot hari ini.

Beradasr data Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan hasil rekaman sateli NOAA 18 pada pukul 14.08 WIB menangkap 6 titik api di wilayah Rokan Hilir, 2 titik di kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Pelalawan dan Inhil masing-masing ada satu titik api. Sehingga total Hotspot wilayah Riau menjadi 11 titik.

NOAA juga mendapatkan titik api di provinsi Sumatera Utara 5 titik, wilayah Sumbar, Sumsel dan Jambi masing-masing menyala satu titik api dan 3 titik api berada di wilayah provinsi Bengkulu. Sehingga total titik api seluruh wilayah Sumatera menjadi 22 titik hari ini. Dibanding provinsi lain, kembali provinsi Riau terbanyak titik apinya.

BMG juga masih mencium minimnya curah hujan di Riau. Sebaliknya, temperatur tinggi maksimum mencapai 33’C melanda wilayah Riau umumnyan hari ini. Sedang pergerakan angin diketahui bergerak dari Tenggara sampai dengan Barat Daya dengan kecepatan 5-30 KM/jam.(Surya)

 

Posting Terkait