Tiga Desa Terpilih Mewakili Kabupaten Bengkalis

623 views

BENGKALIS (RiauInfo) – Berdasarkan penilaian yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu oleh Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Bengkalis, tepilih tiga desa dari tiga kecamatan yang akan mewakili Kabupaten Bengkalis untuk mengikuti perlombaan tingkat Provinsi Riau yang ditaja oleh TP PKK Provinsi Riau dalam rangka pelaksanaan Gerak PKK-KB-Kes tahun 2006. 

Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Ny Hj Fauziah Syamsurizal yang diwakili Hj Nuhayati Landong selaku pengurus TP PKK Kabupaten Bengkalis mengatakan bahwa ketiga desa tersebut telah diseleksi dan merupakan juara pertama sampai dengan tiga pada perlombaan yang sama untuk tingkat Kabupaten Bengkalis. “Tiga desa dimaksud adalah Desa Wonosari Timur Kecamatan Bengkalis yang akan mewakili Kabupaten Bengkalis untuk perlombaan lingkungan bersih, Desa Selat Baru Kecamatan Bantan untuk perlombaan KB-Kes dan Desa Sungai Pakning Kecamatan Bukit Batu untuk perlombaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” jelas Nurhayati yang lebih dikenal dengan sapaan Neng Landong.

“Ada tujuh orang Tim Penilai dari Provinsi Riau diantaranya dua orang dari TP PKK Provinsi Riau yakni dr. Afrida selaku ketua Rombongan dan dra Netti. Kemudian dua orang dari Dinas Kesehatan, drg Betty dan Saban Sirait. Dua orang dari Badan Koordinasi Keluarga berencana Nasional (BKKBN) drs Indra dan drs Nahar. Sementara satu orang lagi dari Badan Penyuluhan dan Perlindungan Masyarakat (BPPM) dra Puspa Juita,” tambah Neng Landong.

Sementara itu dra Puspa Juita yang melakukan penilaian di Desa Sungai Pakning mengatakan bahwa lingkungan di sekitar desa tersebut sudah bersih dan teratur, tetapi tidak hanya itu yang dilihat dan dinilai, perilaku masyarakatnya juga termasuk dalam kriteria penilaian.

“Ada beberapa hal yang menjadi kriteria penilaian diantaranya pemberian ASI eksklusif oleh ibu terhadap bayinya, menu makanan yang disajikan setiap hari apakah sudah memenuhi empat sehat lima sempurna, tersedianya air bersih dan jamban. Untuk air bersih tidak hanya dilihat dari kejernihannya tetapi apakah air tersebut bebas dari jentik-jentik,” jelas Puspa.

“Tidak hanya itu, kriteria lain yang sama pentingnya adalah setiap keluarga memiliki jaminan pemeliharaan kesehatan, kesesuaian luas lantai dengan jumlah penghuni, lantai rumah bukan dari tanah dan yang tidak kalah pentingnya adalah tidak merokok di dalam rumah,” tambah puspa.

Hasil penilaian di tiga desa yang mewakili Kabupaten Bengkalis akan dibandingkan dengan penilaian di sebelas Kabupaten dan Kota se Provinsi Riau. Juara pada masing-masing perlombaan nantinya akan mewakili Provinsi Riau di Tingkat Nasional mendatang.

 

Posting Terkait