TI Bisa Dimanfaatkan Pemerintah Daerah untuk Tingkatkan Kinerja

702 views
news1810PEKANBARU (RiauInfo) – Akses informsi yang begitu cepat tanpa batas yang disajikan melalui sarana teknologi bisa dimanfaatkan oleh pemerintah daerah untuk meningkatkan kinerja sekaligus layanannya kepada masyarakat.

Hal itu dikatakan Gubernur Riau HM Rusli Zainal dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Biro Ekonomi Pembangunan Daerah, Said Syarifuddin saat membuka Seminar Pembangunan dan Pengolahan Data Sumber Daya Daerah yang digelar Departemen Kominfo Pusat Data Elektronika dan Telematika, Selasa (31/7) di Hotel Pangeran Pekanbaru.

Dikatakannya, Pemprov Riau sangat mengapresiasi perkembangan teknologi ini melalui implementasi e-Goverment yang menjadi bagian dari kebijakan pembangunan yang dilakukan.

Pemanfaatan media online melalui wibsite riau.go.id serta pembangunan dan pengembangan sistem aplikasi i berbagai unit kerja merupakan wujud dari upaya tersebut.

“Diharapkan dengan pemanfaatan sistem kerja berbasis elektronika ini, kinerja pemerintah dapat teris meningkat, terutama berkaitan dengan layan publik menuju terciptanya pemerintah yang baik,” ujar Rusli lagi.

Disebutkannya, Riau merupakan kawasan penting karena posisi wilayah nya sangat stategis dan memiliki potensi alam yang sangat besar. Kelebihan itu selain memberikan manfaat, namun juga dapat mendatangkan persoalan.

Adapun, menurut Rusli, persoalan utama yang dihadapi Riau adalah masih lemahnya SDM, keterbatasan infrastruktur, serta adanya kegiatan eksploitasi dan eksplorasi sumber daya alam yang tidak terkendali.

Melihat kelebihan yang dimiliki tersebut, maka Ssisten Informasi Gepgrafis sagat tepat untuk dikembangkan, apalagi mengingat manfaatnya yang sangat besar, terutama bagi pimpinan dalam pengambilan keputusan, ataupun bagi media.

“Oleh karena itu, melalui seminar ini diharapkan dapat diperoleh suatu solusi terbaik, sehingga sistem informasi geofrafis ini dapat dikembangkan di daerah, atau setidak dapat diakses pemerintah daerah untuk mendapatkan data tersebut,” tambahnya.(Ad)

 

Posting Terkait