TEMPERATUR KIAN MENINGGI… Jumlah Karhutla Riau Meningkat 150 Persen Lebih

561 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Temperatur kian meninggi mencapai 34,5 Derjat Celsius juga memperluas sebaran titik kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Riau, Rabu (29/10) ini. Dibanding kemarin, jumlah Karhutla Riau meningkat 150 persen lebih. Sebaran Karhutla pun bertambah luas di dua daerah provinsi Riau lainnya hari ini. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan, hasil rekaman SatelitNational Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18 menangkap titik Karhutla di 8 daerah provinsi Riau. Seperti di daerah kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Kuantan Singingi (Kuansing), Siak, Pelalawan dan kabupaten Inderagiri Hilir (Inhil) masing-masing mempunyai 2 titik Karhutla.

Menyusul 4 titik lagi menyala di wilayah kabupaten Kampar. Sedangkan 5 titik api juga menyala di wilayah Inderagiri Hulu dan 6 titik menyala di wilayah kabupaten Bengkalis. Sehingga jumlah Karhutla menjadi 25 titik di wilayah Riau hari ini. Jumlah ini meningkat 150% dibanding Karhutla di Riau yang hanya 9 titik Selasa kemarin.

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Stasiun Pekanbaru, sebagai anggota Pusdal Karhutla Riau, melalui staf analisa Ardhitama mengatakan, peluang hujan masih menipis di wilayah Riau umumnya hari ini. Meski pun ada peluang hujan, namun sangat sedikit sekali dengan intensitas ringan dan bersifat lokal atau sporadis saja.(Surya)

 

Posting Terkait