Teknologi Informasi Sudah Merambah ke Pelosok Pedesaan

663 views

PEKANBARU (RiauInfo): Badan Pengolahan Data Elektronik (BPDE) Riau Selasa (15/7) menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Teknologi Informasi yang diikuti seluruh kabupaten/kota di Riau. Rakornis ini digelar di Hotel Grand Elite Pekanbaru selama satu hari.

Menariknya, Rakornis ini menghadir pembicara dari pakar informatika luar negeri masing-masing Tim Baucalt dari Australia dan Eric Tar dari Malaysia. Kedua pembicara ini bergabung dalam Vados, Kuala Lumpur, Malaysia.

Dalam kesempatan ini kedua pembicara menjelaskan berbagai teknologi informasi yang dapat dipergunakan oleh masyarakat pedesaan dengan biaya murah dan ringan. Teknologi tersebut sangat cocok jika diterapkan di Riau yang masih banyak daerah pedesaannya.

Menurut mereka, kemajuan teknologi informasi saat ini sudah telah menjalar ke seluruh pelosok dunia. Masyarakat di pedesaan saat ini sudah bisa mempergunakan teknologi informasi, tanpa ada hambatan. Jika di desa itu belum ada listrik, maka bisa menggunakan sumber energi lainnya misalnya sel surya, angin ataupun air.

Sementara itu Kepala BPDE Riau Drs H Said Kamaluddin saat membuka acara tersebut mengatakan, DPDE selama telah berperan dalam penerapan teknologi informasi di Riau. Diantara dengan membangun jaringan Vsat di hampir seluruh kabupaten/kota di Riau.

Sebelumnya telah dibangun Vsat di 4 kabupaten.kota di Riau, dan tahun ini ditambah 5 kabupaten/kota lagi, sehingga kini seluruhnya sudah 9 kabupaten/kota di Riau memiliki Vsat. “Sebelumnya kami menargetkan seluruh kabupaten/kota di Riau sudah terbangun Vsat, tapi karena terbatasnya dana, target itu tidak bisa direalisasi,” ujarnya.(ad)

 

Posting Terkait