TEKANAN RENDAH DARI SAMUDERA HINDIA… Kepri Kembali Dikunjungi Gelombang Tinggi

651 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Perairan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) kembali terancam gelombang pasang Jumat (23/01/2009) ini. Keadaan itu menyusul meningkatnya pengaruh tekanan rendah Samudera Hindia bagian Barat Pulau Sumatera, yang berhadapan dengan pintu gerbang Selat Melaka dari arah perairan Provinsi Aceh. Sehingga, BMG Pekanbaru mendapatkan ketinggian gelombang maksimum mencapai 4 meter di Pulau Tujuh Natuna. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru menlaporkan, gelombang berkisar 2 meter hingga 4 meter terjadi di sekitar Natuna, Dabo Singkep, Matak dan Tarempa. Sementara, perairan dangkal, sempit dan padat pelayaran dari Tanjung Pinang, Batam dan Selat Singapura sekitarnya mengalami gelombang 1,5 meter hingga 2,5 meter hari ini.

Staf analisa Warih mewakili kepala BMG Pekanbaru Blucer Dolog Saribu mengatakan, ketinggian gelombang dinilai naik dibanding ketinggian kemarin. Keadaan itu akibat pengaruh cuaca dari tekanan rendah Samudera Hindia yang mulai membentuk angin Trhopis hari ini.(Surya)

 

Posting Terkait