Tak Hanya Riau, Sumbar Juga Terkena Kabut Asap

538 views

BUKITTINGGI (RiauInfo) – Ternyata kabut asap tidak hanya menyelimuti Riau, provinsi tetangga Sumatera Barat (Sumbar) juga ikut terkena kabut asap. Meski tidak separah Riau, namun kabut asap ini sempat mengurangi kecantikan panorama alam di daerah ini.

Seperti yang diamati RiauInfo Jumat (14/8) panorama alam Sumbar yang selama ini sangat cantik karena dilatarbelakangi gunung dan perbukitan, saat ini pemandangan tersebut jadi buram.

Kabut asap tipis yang menyelimuti daerah ini telah membuat pemandangan ke gunung atau perbukitan itu jadi terhalang. Panorama gunung dan perbukitan terlihat memutih karena diselimuti kabut asap.

Beberapa warga di Sumbar menyebutkan kondisi ini mulai terlihat dalam sebulan terakhir ini. “Tapi kami tidak bisa memastikan apakah kabut asap ini dari Riau atau dari Sumbar sendiri,” ujar Wawan (37) salah seorang warga Payakumbuh.

Dia mengatakan, kebakaran hutan atau lahan sebenarnya tidak hanya terjadi di Riau, tapi di Sumbar juga akhir-akhir ini sering terjadi. “Jadi kami tidak berani menuduh asap itu kiriman dari Riau,” tambahnya.(ad)

Posting Terkait