Tabung Gas Konversi Dijamin Aman Dengan SNI

614 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pemerintah memastikan keamanan tabung gas program konversi minyak tanah ke gas dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Kekhawatiran sejumlah ibu rumah tangga di Pekanbaru terhadap tabung gas program konversi dinilai tidak realistis.

Dinas Perindusterian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Riau menegaskan, tabung gas 3 kilogram program konversi pemerintah adalah produk yang bersetifikat SNI. Sehingga sangat aman dan sangat sedikit memberikan dampak negatif bagi konsumen.

“Kekhawatiran warga mungkin adanya pemberitaan di sejumlah media massa tentang meledaknya kompor gas. Namun, jika ditelusuri, kesalahan terbanyak terdapat pada human eror atau kesalahan para pengguna-nya, bukan pada produk tabung gasnya,”ungkap Kepala Disperindag Riau Herlian Saleh melalui Kabid PDN Hamsani Rahman, Kamis (6/8/09) di Pekanbaru.

Hamsani mengatakan, dengan adanya standar SNI pada produk tabung gas konversi tersebut merupakan jaminan keamanan produk untuk warga. Kasus pemberitaan meledaknya kompor gas ini sangat jarang terjadi dan perlu sosialisasi kepada warga sebelum menggunakan kompor gas.

“Makanya, pemerintah melalui jasa konsultan melakukan sosialisasi tentang penggunaan kompor gas ini di sejumlah kecamatan. Selain itu, Konsultan dari PT.Nusa Konsultan yang ditunjuk oleh Dirjen Migas tersebut juga melakukan pendataan terhadap warga yang layak menerima kompor gas. Warga Riau yang berhak atas program konversi ini harus mengambil kompor gas pada saat penyaluran yang direncanakan pemerintah pada September mendatang,”terang Hamsani.(Surya)

Posting Terkait