Selama Agustus 572 Warga Pekanbaru Terkena ISPA

PEKANBARU (RiauInfo) – Kabut asap yang menyerang Riau dalam beberapa pekan terakhir ini telah mempengaruhi kesehatan masyarakat Pekanbaru. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Pekanbaru selama Agustus ini tercatat sudah 572 warga terkena inspeksi saluran pernafasan (ISPA).

Data mengenai jumlah penderita ISPA itu hanya yang tercatat di sejumlah puskesmas di Pekanbaru. Diperkirakan jumlahnya lebih besar lagi, karena data dari rumah sakit swasta yang tersebar di Pekanbaru belum dikupulkan.

Dari data tersebut dsebutkan Puskesmas Sidomulyo terbanyak menangani penyakit ISPA yakni mencapai 269 pasien, sedangkan kedua terbanyak Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo sebanyak 65 pasien, setelah itu disusul Puskesmas Rumbai sebanyak 57 pasien, Puskesmas Muara Fajar 43 pasien, Puskesmas Rawat Inap Karya Wanita sebanyak 2 kasus.

Bila dibandingkan bulan Juli lalu, jumlah penderia ISPA ini mengalami peningkatan cukup besar. Hal ini kemungkinan besar disebabkan kualitas udara di Pekanbaru sangat buruk selama bulan Agustus ini terkat adanya kabut asap.

Kasubdis Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Pekanbaru Khairunas mennghimbau masyarakat Pekanbaru untuk mewaspadai memburuknya kondisi udara di Pekanbaru saat ini. “Kalau perlu setiap berpergian keluar rumah menggunakan masker atau penutup wajah,” tambahnya.(Ad)

 

Rizki: