Sektor Ril Dinilai Bisa Atasi Krisis Ekonomi Global

796 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Krisis ekonomi global yang terus berlangsung hingga sekarang harus dihadapi bersama-sama agar tidak berdampak lebih luas lagi. Cara satu caranya adalah dengan mengembangkan sektor ril, karena sektor ini dinilai akan mampu mengatasi krisis ekonomi tersebut. 

Terkait hal itu, Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit kepada wartawan di Pekanbaru mengajak seluruh pihak di Riau untuk menggerakkan sektor ril ini dengan sebaik-baiknya. “Hanya dengan sektor ril inilah krisis global ini bisa dihadapi,” ujarnya.

Sebab menurut dia, dengan sektor ril ini akan terbuka kesempatan kerja yang luas bagi masyarakat. Bahkan dengan digerakkannya sektor ini, rendahnya invesitas dan tingginya angka pemutusan hubungan kerja (PHK) dapat diatasi.

Disebutkannya, menggerakkan sektor ril ini harus dimulai di desa-desa. Sebab selain masyarakat lebih banyak tinggal di daerah pedesaan, potensinya juga ada di desa-desa. “Jika sektor ril ini bisa digerakkan, maka tidak akan ada masalah lagi dengan PHK atau pengangguran,” ujarnya.

Yang jelas, kata Mambang Mit lagi, sektor ini akan tahan dari terpaan badai krisis yang terjadi. Hal ini sudah terbukti, saat krisis ekonomi terjadi tahun 1007 lalu, sektor usaha kecil menengah ternyata mampu terus bertahan. “Padahal saat itu banyak industri-industri besar tertumbangan,” jelasnya.(ad)

Posting Terkait