Sejumlah Pejabat Pemprov Riau Ikuti Ujian Psikologi

1098 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Untuk mengidentifikasi karakteristik, kemampuan serta mengetahui potensi dan kualitas pejabat di lingkungan Provinsi Riau, melalui Badan Administrasi Diklat Pegawai (BADP) Riau, Pemprov Riau memberikan ujian tertulis psikologi pada sejumlah pejabat di lingkungannya. 

“Kita bukan mengadakan tes, tapi memberikan soal klasifikasi bagi para pegawai Pemrov Riau. Tujuannya mengetahui potensi, karakteristik serta kemampuan bidang aparatur masing-masing,” terang Asrizal pada RiauInfo Selasa (10/7) di Fak. Kedokteran UNRI Pekanbaru tempat ujian tersebut berlangsung.

Asrizal selaku Kabid Administrasi Kepegawaian, Badan Administrasi Diklat Pegawai (BADP) Provinsi Riau, mengatakan, sejumlah 780 pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau, mengikuti ujian psikologi ini. “Untuk pejabat eselon III sebanyak 80 orang dan pejabat eselon IV sebanyak 700 orang,” ungkap Asrizal.

Selanjutnya Asrizal menambahkan, hasil dari ujian klasifikasi akan menjadi kesimpulan dan masukan bagi Pemprov Riau untuk menciptakan program kerja di masa datang. “Dengan hasil ujian ini Pemrov akan mengetahui potensi aparatur dan akan menyeimbangkannya dengan program pemerintah, agar terjadi keselarasan program dengan aparatur itu sendiri,” terang Asrizal.

Asrizal tidak mengakui jika ada yang mengatakan ujian ini terkait dengan kepangkatan tertentu di lingkungan Pemprov Riau. “Hal ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan mutasi pejabat baik eselon III maupun eselon IV di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau, tetapi identifikasi potensi sumberdaya aparatur ini hanya ingin memotret secara dekat dalam rangka pengetahui potensi, karakteristik dan kemampuan pejabat tersebut,” terang Asrizal

Pemerintah Provinsi Riau melalui BADP Riau mengadakan ujian tersebut bekerjasama dengan Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPTUI) Jakarta. “Semua soal-soal ujian kami percayakan pada LPTUI,” terang Asrizal. (Surya)

 

Posting Terkait