Sehari Gubri Temui Dua Menteri

JAKARTA (RiauInfo) – Dalam sehari (Kamis, 5/2) kemaren Gubernur Riau (Gubri) HM Rusli Zainal SE MP road show ke dua menteri, yakni Menko Polhukam Widodo AS dan Mensesneg Hatta Radjasa. Kepada Menko Polhukam Widodo AS, Gubri Rusli mengaku melaporkan kondisi terakhir sosial politik di Bumi Lancang Kuning.

“Saya melaporkan kondisisosial politik di Riau kepada Menko Polhukam, terutama menjelang pelaksanaanPemilu baik legislatif maupun Pilpres yang tidak lama lagi,” ujar Gubri usai bertemu dengan Menko Polhukam di Kantor Menko Polhukam, kawasan Monas, Jakarta.

Gubri mengatakan bahwa sejauh ini kondisi sosial politik di Riau cukup kondusifdan dirinya berharap kondisi tersebut tetap dapat dijaga. 

“Kita tentuberharap agar kondisi sosial politik di Riau tetap kondusif. Makanya semua pihakharus bersama-sama menjaga kondisi tersebut. Jangan ada yang berusaha merusaksuasana, yang bisa saja berujung anarkhis seperti yang terjadi di SumateraUtara, baru-baru ini. Tidak ada yang akan diuntungkan dengan kondisi yangseperti itu,” tegas Gubri lagi.

Menko Polhukam sendiri, ungkap Gubri, juga meminta agar kondisi keamaan Riauyang kondusif tersebut dapat dipertahankan. Masyarakat, katanya, boleh sajamenyampaikan aspirasi dengan menggelar aksi demonstrasi, namun harus tetapmengacu kepada aturan yang berlaku.

“Kalau demo, ya harus ada izin dantidak boleh anarkhis. Di negara demokrasi manapun, demonstrasi bukanlah sesuatuyang dilarang, namun harus disampaikan dengan cara-cara yang sopan dantertib,” terang Gubri.

Selain melaporkan kondisi sosial politik di Riau, Gubri Rusli juga mengakumenyampaikan rencana kerja sama bidang ekonomi antara Riau dengan Malaysia danSingapura. 

“Pak Menko sangat mendukung, karena Riau memang kaya denganberbagai potensi. Kerja sama ekonomi kalau memang menguntungkan kedua belahpihak, harus didukung,” katanya.

Usai bertemu dengan Menko Polhukam, Gubri pada sore harinya diterima olehMensesneg Hatta Radjasa di ruang kerjanya, Komplek Sekneg, Jakarta. Pada kesempatan itu, Gubri melaporkan berbagai persoalan pemerintahan dan pembangunan Riau ke depan. 

“Kita harus melakukan koordinasi dengan Mensesneg agarbeliau paham seperti apa sebenarnya kondisi pembangunan Riau saat ini. Kita sangat berharap, semua pihak mendukung pembangunan Riau,” demikian Gubri.(ad/rls)

Rizki: