Sampai Juli, Kebakaran Hutan dan Lahan Masih Berpotensi Terjadi di Riau

679 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sampai bulan Juli ini kebakaran hutan dan lahan di Riau masih berpotensi terjadi. Hal ini disebabkan selama bulan Juli indeks kekeringan di Riau masih ekstrim, sehingga bencana kebakaran bisa saja terjadi suatu waktu.

Kepala Seksi Analisa Badan Meteorologi Geofisika (BMG) Pekanbaru, Johanes Sudrajat di Pekanbaru, dalam keterangannya kepada wartawan Rabu (11/7) di Pekanbaru mengatakan meskipun hujan terjadi di beberapa daerah di Riau dalam bulan ini namun indeks kekeringan lebih tinggi.

“Karena indeks kekeringan masih ekstrim, maka potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan masih berpeluang terjadi sepanjang bulan Juli. Karena itu semua pihak harus terus waspada untuk mengantisipasi terjadinya bencana kebakaran itu,” Ungkapnya.

Ia mengatakan pekan pertama Juli banyak muncul titikl api tapi kebakaran hutan dan lahan menurun dalam beberapa hari terakhir akibat dari intensitas hujan yang tinggi serta pemadaman api oleh instansi terkait. “Akan tetapi, apabila hujan tidak turun minimal selama tiga hari berturut-turut maka indeks panas akan kembali naik,” ujarnya lagi.(Ad)

 

Posting Terkait