Ribuan Masyarakat Datangi Open House Bupati Bengkalis

590 views

BENGKALIS (RiauInfo) – Perayaan Idul Fitri benar-benar dijadikan momentum para petinggi di jajaran Pemkab Bengkalis untuk lebih mempererat jalinan silaturahim dan saling maaf memaafkan kesalahan dengan warganya. 

Untuk itu, sebagaimana Idul Fitri tahun-tahun sebelumnya, pada perayaan Idul Fitri 1429 H/2008 M, ribuan masyarakat Bengkalis mendatangi pelaksanaan open house yang digelar Bupati Bengkalis H Syamsurizal, Wakil Bupati Bengkalis H Normansyah Abdul Wahab, Ketua DPRD Riza Pahlefi dan Sekretaris Daerah H Sulaiman Zakaria dan keluarga.Sebagai tradisi memeriahkan hari kemenangan setelah sebulan berpuasa di bulan Ramadhan, Syamsurizal dan keluarga melaksanakan open house di Wisma Daerah Sri Mahkota jalan Antara selama tiga hari berturut-turut, mulai 1 Syawal hingga 3 Syawal 1429 H. Sementara Wakil Bupati dan Sekretais Daerah melaksanakan open house di kediaman resmi jalan Harapan dan jalan Jenderal Ahmad Yani. Sedangkan Ketua DPRD di rumah pribadinya Jalan Kelapapati Darat.

Khusus di kediaman bupati Bengkalis dan seperti perayaan hari kemenangan tahun-tahun sebelumnya, hingga sekitar pukul 20.00 Wib, ribuan masyarakat dari berbagai startifikasi sosial dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis melakukan silaturahim Idul Fitri di kediaman orang nomor satu di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan tersebut. Dalam pelaksanaan open house sampai hari kedua saja, hampir sepuluh ribu masyarakat bersilaturahim ke kediaman resmi bupati bergelar Sri Mahkota Sempurna Negeri tersebut.

Pada hari pertama, Rabu, (1/9), usai sholat Ied bersama ribuan umat Islam di masjid Istiqomah Bengkalis, Syamsurizal dan keluarga langsung menerima kunjungan Idul Fitri di kediamannya. Bahkan sebelum tiba di kediaman, ratusan masyarakat sudah menunggu di pintu masuk utama Wisma Daerah Sri Mahkota.

Di hari pertama itu, selain ribuan masyarakat dan anak-anak, terlihat bersilaturahim kediaman bupati di hari pertama itu, diantaranya Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Ketua beserta anggota DPRD Bengkalis serta hampir seluruh Kepala Dinas, Badan, Kantor dan Bagian di lingkungan Pemkab Bengkalis. Masing-masing beserta isteri dan keluarga.

Termasuk juga Camat Bantan Eri Kesuma Pribadi beserta Upika, kepala desa dan sekitar 40 tokoh masyarakat dan pemuka agama Kecamatan Bantan. Kemudian, sejumlah tokoh masyarakat dari berbagai paguyuban, seperti dari Paguyuban Sosial Masyarakat Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kabupaten Bengkalis.

Sedangkan di hari kedua, Kamis (2/9), selain tetap membuka pintu selebar-lebarnya bagi masyarakat umum dan anak-anak, baik itu yang datang secara berombongan dan perorangan, para petinggi di Kabupaten Bengkalis itu menerima kunjungan silaturahim para camat dari 12 kecamatan lainnya. Seperti dari kecamatan Bantan di hari pertama, para camat tersebut juga datang bersama isteri, Upika, kepala desa/kelurahan serta tokoh masyarakat dan pemuka agama dengan jumlah rombongan sekitar 60 orang.

Pada hari kedua, terutama di kediaman bupati yang merupakan ’puncak’ kunjungan silaturahim, sejak pukul 09.00 Wib hingga sekitar pukul 16.00 Wib Kamis kemarin, selain dari kecamatan, tidak kurang dari 6.000 masyarakat dari berbagai desa/kelurahan, anak-anak, pengurus dan ibu-ibu jemaah mesjid serta mushalla di kota Bengkalis dan sekitarnya datang bersilaturahim. Meskipun terlihat sedikit letih, baik bupati maupun isteri tetap menyambut setiap kedatangan para tetamu mereka itu dengan senyum ramah.

Di kedua Idul Fitri, camat yang pertama bersilaturahim ke kediaman bupati, adalah camat Bengkalis Ja’afar Arif beserta sekitar 100 orang rombongan. Usai itu, dengan rombongan yang rata-rata 50 orang, mengyusul camat Rupat Fuad Fdahlan Dulay, Camat Rangsang Barat Sumarhadi dan Camat Bukit Batu Basuki Rahmat. Selanjutnya, camat Siak Kecil Abdul Haris dan Camat Merbau Nazli.

Selanjutnya, Camat Rangsang Djamaluddin dan Camat Rupat Utara diwakili Sekcam Mashadi. Sedangkan menjelang sholat Zuhur hingga sore harinya, camat yang datang Camat Tebing Tinggi Barat Asnurial, Camat Tebing Tinggi Masrul Kasmy dan Camat Mandau Djoko Edy Imhar.

Dari Wisma Daerah Sri Makhota ini, para camat dan rombongan kemudian melanjutkan silaturahim ke kediaman Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah. Sementara rombongan kecamatan Pinggir, meskipun sudah menginformasikan akan datang, namun hingga pukul 16.15 Wib kemarin belum tiba di Bengkalis.

“Silahkan masuk dan menikmati kue serta juadah yang ada. Bagi yang inigin makan nasi juga tersedia. Tak segan-segan atau malu. Selamat hari raya Idul Fitri 1429 H. Kami sekeluarga mengucapkan minal ‘aidhin walfaizin. Mohon maaf lahir dan bathin,” sapa Syamsurizal dan isteri Ny Hj Fauziah Siregar kepada setiap tamu yang datang. Hal serupa juga dilakukan keenam putra-putri Syamsurizal yang secara khusus melayani kunjungan silaturahim anak-anak di dua tenda khusus di samping kiri Wisma Daerah.

Tak sampai di situ saja. Di sela-sela kesibukan menerima dan memberi ucapan selamat Idul Fitri, bupati dan isteri dengan sabar juga memenuhi permintaan sejumlah masyarakat yang ingin foto bersama. Khususnya permintaan dari para tamu yang datang dari kecamatan atau mereka yang baru kali pertama bersilaturahim dengan bupati dan keluarga di Wisma Daerah Sri Mahkota.

Berkenaan perayaan Idul Fitri 1429 H, selain tidak lupa mengucapan selamat Idul Fitri 1429 H serta mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis, Syamsurizal juga mengajak masyarakatnya menjadikan momentum perayaan hari yang fitri ini sarana untuk lebih mempererat tali silaturahim.

“Mari jadikan perayaan Idul Fitri 1429 H untuk lebih meningkatan rasa kebersamaan, persaudaraan dan kasih sayang di antara kita. Baik itu antar sesama umat Islam maupun antara umat Islam dengan masyarakat lainnya,” ajak Syamsurizal. Ajakan serupa disampaikan Normansyah, Riza Pahlefi dan Sulaiman ketika dihubungi secara terpisah pada hari pertama Idul Fitri 1429 H.(ad/rls)

Posting Terkait