RIAU TUAN RUMAH FFI 2007 Gubernur : Ini Suatu Kehormatan

596 views

Pekanbaru – Satu lagi kegiatan berskala nasional akan digelar di Riau tahun 2007 mendatang. Riau ditunjuk selaku tuan rumah Festival Film Indonesia (FFI). Gubernur Riau HM Rusli Zainal mengatakan, penunjukkan Riau sebagai tuan rumah adalah satu kehormatan bagi daerah ini.


Kepada wartawan usai mengukuhkan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Gedung Daerah Riau, Kamis (15/12) Gubernur mengatakan, pihaknya dan seluruh elemen masyarakat di Riau siap mendukung dan sukseskan acara ini, terlebih lagi kegiatan ini merupakan kehormatan bagi Riau.

Dituturkan gubernur, banyak provinsi yang berminat sebagai tuan rumah FFI, namun akhirnya panitia menunjuk Riau. “Pertimbangan mereka Riau sangat terkenal dengan budaya dan aktivitas seniman yang cukup produktif,” imbuhnya.

Selain itu, mereka juga melihat Riau yang mengedepan budaya Melayu yang tertuang dalam visi misi Riau sebagai salah satu tolok ukur sehingga daerah ini ditunjuk sebagai tuan rumah.

Salah satu sumbangan Riau yang sangat besar dalam dunia budaya adalah bahasa Melayu yang selanjutnya menjadi bahasa Indonesia. Adanya bahasa Melayu yang selanjutnya menjadi bahasa Indonesia memberikan pengaruh yang cukup besar bagi seantero Indonesia, dengan bahasa seluruh daerah di Indonesia bisa disatukan.

“Bahkan panitia juga berniat menggelar piala citra terhadap film-film yang menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar,” jelasnya.

Penunjukkan ini juga menurut gubernur menjadi modal bagi pariwisata di Riau, sebab penyelenggaraan FFI ini akan disiarkan oleh seluruh TV nasioanal, media-media cetak nasional dan sebagainya. “Ini kesempatan bagi Riau untuk mengenalkan daerahnya kepada khalayak nusantara bahkan dunia,” demikian dikatakan gubernur.

Menurut rencana, FFI tahun 2007 mendatang di Riau akan dilaksanakan sekitar bulan Desember 2007 dan direncanakan kegiatan akan dipusatkan di teater tertutup Dewan Kesenian Riau (DKR).

Posting Terkait