Riau Tak Akan Diberikan Otonomi Khusus

PEKANBARU (RIauInfo) – Pemerintah pusat telah menutup pintu Otonomi Khusus (Otsus) untuk Riau karena telah menggantinya dengan sebuah pengembangan kawasan ekonomi khusus di Dumai untuk klaster industri sawit dan Kuala Enok sebagai pelabuhan internasional.


Berita ini menjadi headline Riau Mandiri edisi Senin (2/8) berjudul “Pusat Tutup Pintu Otsus Riau”. Harian ini menyebutkan hal itu dikatakan Direktur Penataan Daerah dan Otsus Kementerian Dalam Negeri dalam acara sinergitas kimunikasi jurnslis Pokja Kemendagri di Bandung.

Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) telah menetapkan dan mengeluarkan SK bagi 12.274 orang guru non PNS se-Riau sebagai penerima tunjangan fungsional tahun 2010. Berita ini menjadi headline Pekanbaru Pos berjudul “12.274 Guru Non-PNS Diberi Tunjangan”.

Menjelang puasa Ramadhan, perampok kembali mengganas. Kali ini aksi mereka mampu membuat Pasar Baru Panam, Jalan HR Soebrantas heboh. Toko Emas Nusantara yang terletak di bagian depan pasar, mereka satroni dengan menggunakan senjata api. Berita ini menjadi headline Pekanbaru MX berjudul “Toko Emas Dirampok”.

Riau menjadi provinsi ketiga di Indonesia memiliki tingkat envestasi tertinggi setelah Jawa Barat dan DKI Jakarta. Posisi ini naik dua peringkat dibandingkan ahun 2009 yang berada di urutan kelima nasional. Berita ini jadi headline Tribun Pekanbaru berjudul “Riau Peringkat 3 Nasional”.

Guru besar ilmu Hukum Tata Negara Universitas Andalas Saidi Isra menilai pembelaan yang berlebihan terhadap Irjen Pol Herman Effendi merupakan bentuk perlawanan bukan saja terhadap pemberantasan mafia hukum, tapi juga kepada presiden. Berita ini menjadi headline Riau Pos berjudul “Mabes Polri Dinilai :Menyerang” Presiden”.

Kabar mundurnya Inspektur Jenderal Polisi Herman Effendi dari posisinya sebagai anggota Satgas Mafia Hukum mengundang banyak komentar keras. Ada yang menilai bahwa Polri sedang berupaya melumpuhkan Satgas. Berita ini menjadi headline Metro Riau berjudul “Polri Dituding Lumpuhkan Satgas”.(ad)

Rizki: