Riau Kembali Dominasi Titik Api Sumatera

764 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Satelit NOAA 18 kembali menangkap nayal titik api di sejumlah wilayah Sumatera termasuk di provinsi Riau. Sedikitnya 6 wilayah provinsi Sumatera punya sebaran titik api, Kamis (5/06) ini.

Laporan Bdan Meteorologi dan Geofisika stasiun Pekanbaru melaporkan jumalh titik api di provinsi Riau saja ada sebanyak 8 titik. Dimana wilayah penyebarannya berada di kabupaten Inhu sebanyak 1 titik, Pelalawan 4 titik, Bengjkalis 1 titik dan kabupaten Kuansing 2 titik api.

Sedang sebaran titik api di wilayah provinsi lainnya seperti di provinsi Jambi menyala 4 titik, Sumatera Barat 1 titik, Nanggroe Aceh Darussalam juga ada satu titik, Sumatera Selatan 2 titik terakhir provinsi Lampung menyala 4 titik. Sehingga jumalh titik api di Sumatera seluruhnya hari ini sebanyak 20 titik.

BMG masih mengendus sangat minim peluang hujan di sejumlah wilayah Riau terutama wilayah Riau bagian Selatan. Hal ini akan memicu tumbuhnya titik api akibat kebakaran hutan dan lahan.

“Wilayah Riau selatan seperti Pelalawan, Inhu, Kuansing masih minim hujan tiga hari mendatang. Hal ini akan meningkatkan tumbuhnya titik api,”ujar Ardhitama dari BMG Pekanbaru kepada RiauInfo.(Surya)

 

Posting Terkait