Riau Bisa Terima DBH Sawit Rp7,5 Triliun

626 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Luasnya areal kebun sawit yang meiliki Riau, membuat Riau punya potensi besar dalam peneriman Dana Bagi Hasil (DBH) sawit. Menurut perhitungan yang telah dilakukan, DBH sawit yang diterima Riau seharusnya Rp7,5 triliun setahun.

Namun kenyataannya, saat Riau hanya mendapatkan dana sebesar Rp48 miliar dari DBH sawit itu. Hal inilah yang membuat Riau akan berjuang keras agar pemerintah pusat merealisasikan potensi DBH perkebunan yang sebesar Rp7,5 triliun tersebut.

Kepala Bappeda Riau Emrizal Pakis dalam keterangannya kepada wartawan di Pekanbaru mengaku bahwa bila dilihat dari areal sawit yang dimiliki Riau maka potensi DBH Sawit untuk daerah ini mencapai angka Rp 7,5 triliun.

“Potensi inilah yang kini sedang kita kejar. Daerah-daerah lainnya penghasil sawit di Indonesia juga akan melakukan hal yang sama untuk mendapatkan DBH Sawit yang proporsional,” ujarnya.

Emrizal mengatakan, jika dilihat dari luas lahan sawit di Riau yang mencapai 1,8 juta hektar dan dibandingkan dengan perolehan pajak selama ini, sangatlah kecil jumlahnya. Karena itu, Riau akan terus berjuang berebut haknya.(ad)

Posting Terkait