Riau Bagian Tengah dan Utara Rawan Hujan Lebat

646 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru mendapatkan peluang hujan masih merata melanda wilayah provinsi Riau pada sore hingga malam ini. Hujan diperkirakan turun dengan intensitas ringan, sedang hingga lebat di sejumlah wilayah Riau. 

Menurut BMG, hujan dengan intensitas ringan akan turun di wilayah Riau bagian Selatan. Sedangkan hujan berintensitas sedang hingga lebat akan turun di wilayah Riau bagian tengah dan Riau bagian Utara. Seperti di kota Pekanbaru, Kampar, sebagian Siak dan wilayah Riau pesisisr lainnya.

BMG juga masih menangkap gejala angin kencang sebelum hujan atau menyertai hujan. Angin kencang rawan terjadi akibat panas bumi yang diterpa oleh hujan pada sare atau malamnya. Temperatur wilayah Riau maksimum mencapai 33 Derjat Celsius Jumat (17/10) siang ini. Bahkan BMG menilai kekuatan angin mencapai hembusan Puting Beliung bisa terjadi di sejumlah wilayah Riau.

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Satsiun Pekanbaru, sebagai anggota Pusdal Karhutla Riau melalui staf analisa Slamet Riyadi mengatakan, keadaan cuaca Riau panas siang hari dan hujan pada malamnya terjadi akibat posisi matahari yang berdekatan dengan katulistiwa saat ini. Selain angin kencang dan hujan berintensitas lebat, BMG juga mendapatkan gejala petir masih terjadi di Riau dalam dua hari mendatang termasuk hari ini.(Surya)

 

Posting Terkait