Riau Akan Bangun Pabrik Gula

818 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Dalam waktu dekat ini sebuah pabrik gula besar akan dibangun di Riau, tepatnya di Pulau Rupat. Pabrik gula tersebut diperkirakan akan menjadi yang terbesar di Indonesia, dan akan dibangun mulai 2011 atau tahun depan.

Pabrik gula itu akan dibangun oleh investor lokal. Investor tersebut telah menjalankan studi kelayakan di Pulau Rupat sebagai lokasi lahan perkebunan tebu nantinya. Bahkan izin prinsip pembangunannya sudah dikantongi investor tersebut.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Riau Herliyan Saleh membenarkan akan didirikannya pabrik gula di Pulau Rupat itu. Dia menyebutkan berdasarkan kajian yang telah dilakukan, Pulau Rupat memang cocok dikembangkan perkebunan tebu.

“Lahan di Pulau Rupat sangat cocok untuk dikembangkan perkebunan sawit. Selain struktur tanahnya cocok, lahah yang tersedia juga sangat luas. Kini hanya menunggu penyelesaian ganti rugi lahan dari masyarakat untuk perkebunan tebu itu,” ujarnya.

Dikatakannya, keberadaan pabrik gula itu nantinya akan sangat besar manfaatnya bagi Riau. Selain bisa memenuhi kebutuhan gula untuk wilayah Riau dan sekitarnya, juga pabrik gula dan kebun tebu juga akan menyerap tenaga kerja cukup besar.

Keberadaan pabrik gula itu juga dapat membantu pemerintah untuk menjaga gugusan pulau terluar yang rentan diklaim negara lain sebagai miliknya. “Jadi pabrik gula yang akan dibangun itu benar-benar besar manfaatnya bagi Riau,” tambahnya.(ad)

Posting Terkait