Rapat Gubernur Se-Sumatera Bakal Bahas Mega Proyek

838 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Rapat Gubernur se-Sumatera yang bakal berlangsung 19-21 Desember 2009 di Pekanbaru, bakal membahas banyak persoalan. Termasuk membahas kembali mega proyek pembangunan jembatan Selat Sunda, membuat armada angkutan udara Sumatera Air, proyek Jalur Kereta Api (Rail Way), Shipping Land (Angkutan Kapal), jalan poros Sumatera, proyek pembangkit listrik Sumatera Power dan lain-lain.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Riau Emrizal Pakis mengatakan pertemuan itu dijadwalkan dalam beberapa sesi, sesi pertama yakni pertemuan gubernur se-Sumatera, kedua pertemuan gubernur se-Indonesia. Rapat gubernur se-Sumatera bakal berlangsung 21 Desember 2009, sementara dilanjutkan dengan pada 22 Desember 2009 dengan pertemuan gubernur se-Indonesia.

Khusus pada pertemuan gubernur se-Sumatera, kata Emrizal, bakal dibahas banyak hal penting yang menyangkut kepentingan seluruh Pemerintah Provinsi (Pemprov) di Sumatera, seperti rencana membuat armada Sumatera Air, proyek Jembatan Selat Sunda, proyek Jalur Kereta Api (Rail Way), Shipping Land (Angkutan Kapal), proyek jalan poros Sumatera, proyek pembangkit listrik Sumatera Power dan lain-lain.

Emrizal menyebutkan, pertemuan gubernur se-Sumatera itu memiliki arti penting bagi Riau. Pasalnya ada banyak kepentingan Riau dalam pertemuan tersebut, seperti membuat armada Sumatera Air, Jembatan Dumai-Malaka, Rail Way dan Sumatera Power.

“Momentum Riau sebagai tuan rumah sangat tepat. Apalagi selama ini apa yang diserahkan ke Riau justru bisa berjalan dengan baik dibandingkan jika diserahkan dengan daerah lain. Kita menginginkan ada kemajuan yang bisa dicapai dari pertemuan sebelumnya, sehingga Rakor tidak menjadi pertemuan sia-sia tanpa ada hasil apapun,” katanya.

Ia menyebutkan, subtansinya, perlu ada keberlanjutan dari program yang sudah dicanangkan sebelumnya. Setidaknya ada kemajuan, kalau perlu kegiatan yang tidak ada kemajuan sama sekali langsung di-cut sehingga program bisa fokus pada kegiatan yang lainnya.

“Tujuan dari pertemuan itu juga nanti untuk mempertajam komitmen kerja sama yang selama ini dibangun. Sehingga diharapkan program yang akan dijalankan lebih sinergi,” ujarnya.(ad)

Posting Terkait