PWI GELAR LKTJ SEPAKBOLA Berhadiah Ratusan Juta Rupiah

522 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kabar gembira bagi jurnalis olahraga khususnya sepakbola. Jika selama ini, lomba karya tulis jurnalistik (LKTJ) lebih banyak bertemakan umum, lingkungan dan ekonomi, tapi kini Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat juga akan mengadakan LKTJ untuk liputan sepakbola. Tak tanggung-tanggung, LKTJ ini langsung dibagi tiga kelompok yaitu media cetak, foto dan elektronik.

Untuk para pemenang pada setiap kategori akan diberikan hadiah yaitu, pemenang pertama akan menyaksikan putaran final piala dunia di Afrika Selatan (board and lodging ditanggung panitia), pemenang kedua berhak atas uang Rp 25 juta dan pemenang ketiga Rp 15 juta.
Pengumuman pemenang akan dibacakan dihadapan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Menpora Andi Malarangeng pada acara Sarasehan Sepakbola Indonesia yang diadakan PWI Pusat di Malang, Jawa Timur, 29-31 Maret 2010.

Ketua SIWO PWI Pusat, Raja Parlindungan Pane yang juga anggota pengarah kegiatan mengatakan, LKTJ ini dilatarbelakangi oleh piala dunia, yaitu event sepakbola paling bergengsi sejagad yang akan bergulir di Afrika Selatan mulai 11 Juni 2010.

Sekalipun Indonesia masih bermimpi panjang untuk menyaksikan tim nasionalnya turut berlaga di arena bergengsi itu, perhatian publik di tanah air akan tersita habis hari demi hari, sampai pergelaran Piala Dunia itu usai bulan Juli mendatang.

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat melihat pentas sepakbola dunia itu sebagai ajang pembelajaran sekaligus memberi motivasi bagi Indonesia untuk lebih gigih lagi mengelola persepakbolaan nasionalnya.

Bekerjasama dengan mitra, PWI merangsang seluruh wartawan olahraga, praktisi, dan pecinta sepakbola di tanah air untuk melahirkan gagasan dan pemikiran positif bagi pembangunan persepakbolaan nasional dengan memanfaatkan demam Piala Dunia 2010.

Adapun tema karya adalah pembinaan sepakbola mulai usia dini, pentingnya pembinaan berjenjang dan berkesinambungan untuk menghasilkan pemain nasional yang tangguh, potensi persepakbolaan nasional menghadapi kompetisi internasional, mencari solusi terbaik membangkitkan kembali persepakbolaan nasional dari keterpurukan, bintang sepakbola nasional dan impian untuk tampil di piala dunia, kompetisi Liga Super Indonesia, Liga Utama Indonesia, Divisi I,Divisi II, dan Divisi III sebagai tonggak membentuk pemain nasional yang tangguh, pemberitaan kompetisi sepakbola internasional dan pengaruhnya terhadap perkembangan sepakbola di Indonesia, peran dunia usaha terhadap upaya pembangunan persepakbolaan nasional, bagaimana membentuk tim Indonesia yang tangguh menuju piala dunia dan evaluasi dan koreksi terhadap persepakbolaan nasional Indonesia.

Kategori karya jurnalistik yang dilombakan dikategorikan merupakan tulisan/berita mendalam (indepth news), ulasan, atau feature/karangan khas yang dimuat pada media cetak koran, majalah/tabloid. Foto berita/feature yang dimuat di media cetak koran, majalah/tabloid. Dan berita mendalam (indepth news), ulasan, atau feature/karangan khas yang dimuat atau ditayangkan melalui media elektronik (teve, radio, situs web).

Sedang syarat peserta adalah perorangan atau tim yang berprofesi sebagai wartawan (termasuk freelancer/stringer) sesuai kategori lomba, peserta lomba adalah Warga Negara Indonesia, peserta wajib mengisi formulir pendaftaran lomba dengan lengkap. Formulir dapat diperoleh di Sekretariat Siwo PWI Pusat di Gedung Pengelola Gelora Bung Karno (Kantor KONI/KOI Pusat) Lantai 9, Jalan Pintu I Senayan, Jakarta, Tlp/Fax (021) 5732983.

Formulir pendaftaran yang telah diisi harus dikirimkan ke panitia paling lambat tanggal 20 Maret 2010, karya jurnalistik yang diikutsertakan dalam lomba harus diterima panitia paling lambat tanggal 25 Maret 2010 serta karya jurnalistik yang dilombakan tidak dibatasi hanya saat berlangsungnya kompetisi sepakbola di tanah air.

Sedangkan ketentuan lainnya, tambah Raja Parlindungan Pane, bisa dilihat di kantor PWI Cabang di setiap provinsi atau kantor-kantor media massa. ’’Untuk penyebaran ketentuan di daerah, kita sudah menyampaikan kepada SIWO PWI Cabang,’’ tambahnya.(ad/rls)

Posting Terkait