Puluhan Massa Tolak Kedatangan Wapres

587 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sejumlah demonstran mulai melirik waktu sore sebagai saat tepat untuk melakukan demonstrasi di Pekanbaru. Kecenderungan ini bertolak dari cuaca yang adem serta jumlah warga yang relatif banyak saat sore hari waktu jam pulang di Jalan Protokol Pekanbaru. Sedikitnya sudah dua kali aksi demo yang dilakukan sore hari di Pekanbaru dalam sepekan terakhir.

Aksi demo pada petang hari perdana dilakukan oleh massa Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Chapter Pekanbaru pada Senin (14/12/09) awal pekan ini.

Pada Kamis (17/12/09) ini, massa Himpunan Pelajar Mahasiswa Pekanbaru (Hipemaperu) juga memilih petang hari sebagai aksi demo mereka. Puluhan massa Hipemaperu ini melakukan konvoi sepeda motor di sejumlah jalan Kota Pekanbaru. Hipemaperu menyuarakan menolak rencana kedatangan Wapres Boediono ke Pekanbaru untuk membuka Munas Gubernur Nasional pada 22 Desember 2009 mendatang.

Penolakan ini berdasarkan tuduhan terlibatnya Wapres terhadap kasus Bank Century yang sedang dalam tahap proses saat ini. “Tolak Boediono. Wapres tidak layak datang ke Pekanbaru,”ungkap orator massa Hipemaperu.

Dengan adanya perubahan jadwal pelaku demo, para jajaran Polda Riau yang biasanya siaga untuk mengawasi aksi demo juga sudah dua kali ‘kecolongan’ jadwal. Karena, sejak pagi, sejumlah aparat Polda Riau telah melakukan tahapan penjagaan menunggu aksi para pendemo pada pagi hari sekitar pukul 09.00 WIB di sejumlah titik jalan protokol. Namun, para pendemo akhirnya beraksi pada petang hari seperti yang dilakukan Hipemaperu Kamis petang ini.(Surya)

 

Posting Terkait