Provinsi Riau Kembali Bebas Titik Api

517 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Cuaca cerah dengan temperatur maksimum mencapai 34 Derjat Celsius tidak mempengaruhi perkembangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau, Selasa (14/10) ini. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Pekanbaru melaporkan wilayah provinsi Riau bebas Karhutla hari ini. 

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Stasiun Pekanbaru sebagai anggota Pusdal Karhutla Riau, melalui staf analisa Ardhitama mengatakan, sisa hujan sejak kemarin dan dua hari lalu masih menyisakan kelembaban di sejumlah wilayah Riau. Sehingga kebakaran hutan dan lahan menjadi minim ditengah cuaca cerah dan tenperatur tinggi hari ini.

BMG membaca peluang hujan kembali minim untuk wilayah Riau. Keadaan ini akibat pengaruh gangguan cuaca di sebelah barat pulau Sumatera, tepatnya di wilayah Samudera Hindia. Gangguan cuaca berupa tekanan rendah itu menyedot pembentukan awan di sejumlah wilayah Sumatera, termasuk provinsi Riau.

“Pengaruh tekanan rendah di Samudera Hindia itu mengakibatkan berkurangnya peluang hujan di Riau. Gangguan itu memberikan angin kering di Riau. Ada peluang hujan dengan intensitas ringan relatif sedikit di Riau bagian tengah dan Riau Utara hari ini,”ujar Ardhitama.

Untuk wilayah pulau Sumatera, BMG Pekanbaru melaporkan hasil rekaman satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) hanya ada satu titik api menyala di wilayah provinsi Jambi hari ini.(Surya)

Posting Terkait