Presiden Puji Keberhasilan Riau Dalam Menekan Angka Kemiskinan

547 views

JAKARTA (RiauInfo) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya terhadap beberapa kepala daerah, termasuk Gubernur Riau (Gubri) HM Rusli Zainal SE MP, karena telah berhasil menekan angka kemiskinan dan pengangguran di wilayahnya.

Presiden mengatakan, Gubri berhasil menurunkan prosentase jumlah penduduk miskin di bawah 10 persen dan tingkat pengangguran di atas 3 persen.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada para Kepala Daerah yang mampu meningkatkan petumbuhan ekonomi, menurunkan tingkat kemiskinan dan pengangguran,” tegas Presidean SBY saat menyampaikan Pidato tentang Pembangunan Nasional dalam Perspektif Daerah di Sidang Paripurna Khusus DPD RI, di Gedung DPR/MPR RI, kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (19/8).

Menurut Presiden, selain Riau, prosentase penduduk miskinnya yang mengalami penurunan di bawah 10 persen adalah Sumbar, Jambi, Babel, Kepri, DKI Jakarta, Banten, Bali, Kalbar, Kalteng, Kalsel, Kaltim dan Sulut. Sedangkan provinsi dengan penurunan diatas 4 persen adalah Aceh, NTT, Gorontalo, Sulbar dan Papua Barat.

“Dalam periode yang sama kita juga menurunkan tingkat pengangguran secara merata di hampir semua provinsi, salah satunya adalah Provinsi Riau,” ungkap Presiden.

Penurunan tingkat pengangguran di Riau, lanjut Presiden, mencapai angka diatas 3 persen. Selain Riau juga terdapat Provinsi Sumbar, Sulsel, Sultra, Gorontalo, Papua dan Papua Barat.

Menaggapai hal itu, Gubri Rusli Zainal memberikan apresiasi kepada Presiden karena menilai Riau sebagai salah satu provinsi yang memberikan kontribusi besar terhadap pengurangan tingkat kemiskinan dan pengangguran.

“Pidato Presiden sangat komprehensif sekali. Khusus mengenai Riau, saya terima kasih sekali karena dianggap sebagai provinsi yang memberikan kontribusi besar untuk menurunkan kemiskinan dan penggangguran,” kata Gubri.

Penghargaan Presiden itu, kata Gubri, merupakan hasil kerja keras semua pihak, bukan hanya dirinya saja. Karenanya, Gubri mengajak para bupati, walikota dan seluruh kompenen masyarakat Riau bersatu pada untuk menurunkan jumlah penduduk miskin dan tingkat pengangguran lebih signifikan lagi.

“Itu hasil kerja keras semua. masih banyak yang harus kita lakukan terutama melakukan percepatan. Kita sudah on the track bagaimana percepatan ini dilakukan. Kita minta para bupati dan walikota juga segenap komponen di Riau bersama-sama menurunkan tingkat kemiskinan dan pengangguran lebih baik lagi,” ujarnya.

Gubri juga menyatakan tekadnya untuk terus melakukan yang terbaik untuk pembangunan Riau secara keseluruhan. “Riau adalah provinsi yang sangat potensial dengan letak geografis yang sangat strategis. Tingkat pertumbuhan ekonomi di Riau juga sudah di atas rata-rata nasional,” tutupnya.(ad/rls)

Posting Terkait