PLN Akan Lakukan Pemadaman Bergiliran pada Mei-Juni

PEKANBARU (RiauInfo) – Rencana pemadaman listrik yang dilakukan PLN ternyata tidak isapan jempol. PLN benar-benar akan melakukan pemadaman bergiliran pada bulan Mei hingga Juni ini. Alasan pemadaman tetap karena defisit arus listrik yang dialaminya.

“Defisitnya melebihi angka normal, sehingga pemadaman setiap harinya terpaksa akan dilakukan selama tiga jam,” ungkap Humas PLN Wilayah Riau, Delvis Bustami kepada wartawan di Pekanbaru. Dia mengharap para pelanggan bisa memahami kondisi ini.

Menurut dia, biasanya defisit listrik yang dialami PLN berkisar antara 12-15 MW. Namun dalam rentang waktu 12-22 Mei defisit listrik melonjak menjadi sebesar 25,3 MW. Bahkan pada tanggal 23-24 Mei defisit meningkat lagi menjadi 28,60 MW.

Bertambahnya defisit listrik ini, karena adanya pemeliharaan pembangkit di subsistem Sumbagselteng. Selain itu disebabkan musim kemaau yang berpengaruh makin kecilnya debit air di beberapa PLTA, termasuk di PLTA Kotopanjang.

Disebutkannya, saat ini PLTU Bukit Asam yang menghasilkan listrik 4 x 60,2 Mw mengalami perbaikan pada gardu induk. Empat unit mesin tidak beroperasi dalam perbaikan ini. Begitu pula PLTG TM Borang juga sedang daam mengalami perbaikan.(ad)

Rizki: