Petani Binaan Riaupulp di Desa Olak Panen Semangka

736 views

news5987PEKANBARU (RiauInfo) – Kelompok Tani Harapan Jaya Desa Olak Kec.Sei.Mandau Kabupaten Siak yang selama ini menjadi mitra dampingan PT.Riau Andalan Pulp And Paper (Riaupulp) Estate Mandau bersama Yayasan CECOM Riaupulp akhirnya menuai hasil dari usaha dan kerja kerasnya.

Setelah menunggu sekitar dua bulan, kelompok tani ini melakukan panen perdana buah Semangka yang mereka tanam dengan pola tumpang sari di lahan karet seluas tiga hektar. Panen perdana disaksikan SGR Riaupulp Estate Mandau Pia Alfia dan PA Riaupulp Estate Mandau Buyung Aswin serta Field Officer CECOM Riaupulp Estate Mandau, Agus Triono, Kamis (7/8).

Salah seorang anggota Poktan Harapan Jaya, Abdurahman kepada wartawan di lokasi panen mengungkapkan kegembiraannnya atas keberhasilan kelompok taninya memanen buah Semangka yang sudah mereka tanam dan rawat selama dua bulan.

”Pada panen perdana saat ini, hasil yang kami peroleh sekitar 15 ton dengan bobot terberat satu semangka sekitar 8 Kg,” papar Ibrahim. Dia menambahkan, keberhasilan Poktan Harapan Jaya dalam kegiatan penanaman tumpang sari tersebut tidak lepas dari bantuan dan bimbingan dari CECOM-Riaupulp Estate Mandau selama ini.

”Di samping memberikan bimbingan dalam pola pertanian tumpang sari, CECOM-Riaupulp juga memfasilitasi kami untuk pinjaman modal melalui USP (Unit Simpan Pinjam) serta pengadaan bibit semangka melalui Kios Plus yang ada di tempat kami,” imbuhnya. 

Ibrahim berharap pendampingan dan fasilitasi yang diberikan CECOM-Riaupulp dapat dilakukan secara berkesinambungan agar para anggota poktan Harapan Jaya termotivasi dan terus menggalakkan kegiatan bercocok tanam dengan pola tumpang sari ini di desa mereka.

Sementara itu, Field Officer CECOM-Riaupulp, Agus Triono yang secara langsung melakukan pendampingan terhadap para petani di Desa Olak menyatakan pemasaran hasil panen perdana tersebut sepenuhnya diserahkan langsung kepada kelompok tani, karena pihaknya semata-mata hanya melakukan pendampingan secara teknis serta memfasilitasinya untuk memperoleh hasil yang optimal dari lahan yang tersedia.

”Kami tidak mematok hasil panen harus dijual ke suatu tempat, melainkan diserahkan langsung kepada mereka. Dan informasi yang kami terima, hasil panen Semangka ini akan dipasarkan ke Sei.Pakning Bengkalis, Sei.Apit, Sei.Langkai dan Buatan,” kata Agus.(ad/rls)

Posting Terkait