Peserta LKTI Internasional 2008 Minati Tema Globalisasi dan Politik Identitas

YOGYAKARTA (RiauInfo) – Memasuki bulan ke-3 sejak dipublikasikannya, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Internasional 2008 dengan tema “Dunia Melayu Asia Tenggara: Globalisasi dan Multikulturalisme”, yang diselenggarakan bersama oleh Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu (BKPBM) Yogyakarta dan Pusat Studi Sosial Asia Tenggara Universitas Gadjah Mada (PSSAT-UGM) telah menjaring 15 naskah kiriman peserta. 

Naskah-naskah yang sebagian besar berasal dari Indonesia ini umumnya membidik tema “Globalisasi dan Politik Identitas Melayu” dari lima tema yang ditawarkan. Empat tema lainnya adalah “Peran ASEAN dalam Membangun Multikulturalisme”, “Wajah Melayu Populer”, “Melayu Diaspora”, dan “Isu Gender dalam Dunia Melayu Modern”.

Hal ini menunjukkan tingginya minat kajian mengenai dialektika globalisasi dan politik identitas. “Mungkin ini sebagai respon terhadap desakan-desakan globalisasi terhadap budaya lokal, termasuk kebudayaan Melayu,” ujar Pimpinan Redaksi MelayuOnline.com, Nursaid Ali Rido, MA.

Ia juga menambahkan, meskipun sebagian peserta menyoroti tentang pengaruh-pengaruh globalisasi, tetapi ada juga yang melihat globalisasi sebagai ruang bagi munculnya ekspresi lokalitas.

Pada titik inilah, globalisasi dan multikulturalisme sebagai tema besar LKTI menjadi signifikan. Tema ini dipandang dapat menjaring pelbagai tulisan yang kritis, faktual, dan juga sensitif terhadap kondisi masyarakat Melayu di Asia Tenggara dewasa ini. Isu globalisasi dan multikulturalisme saat ini penting untuk menyikapi kondisi masyarakat yang makin kompleks dan heterogen.

Untuk menjaring peserta dari berbagai negara, panitia telah mempublikasikan kompetisi pada ranah tulis-menulis ini sejak pertengahan Agustus 2008 lalu di situs MelayuOnline.com danwww.pssat.ugm.ac.id. Selain itu, publikasi juga telah menjamah berbagai milis dan universitas-universitas di Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Pemenang LKTI Internasional 2008 akan diumumkan pada tanggal 28 Februari 2009 di lamanwww.melayuonline.com dan www.pssat.ugm.ac.id. Para peserta akan memperebutkan total hadiah sebesar 25 juta rupiah. Juara pertama akan menerima 10 juta rupiah, juara dua 7 juta rupiah, juara tiga 5 juta rupiah, dan juara empat mendapat 3 juta rupiah. Hadiah pertama sebesar 10 juta rupiah plus tropi dipersembahkan oleh Universiti Sains Malaysia (USM).

Penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada 20 Maret 2009 di Yogyakarta. Pada acara penyerahan hadiah bagi para jawara kompetisi karya tulis tersebut, akan diselenggarakan seminar dan selebrasi satu tahun berdirinya situs www.rajaalihaji.com.(ad/rls)

 

Rizki: