PERUBAHAN CUACA… Riau Waspada Angin Kencang

718 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Potensi angin kencang perlu diwaspadai di wilayah Provinsi Riau, Sabtu (7/03/2009) ini. Keadaan itu menyusul peluang hujan pada malam hari dan temperatur tinggi di siang harinya. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru menyatakan, temperatur tinggi mencapai 33,2 Derjat Celsius siang ini. Sementara, peluang hujan lebat akan terjadi di sejumlah wilayah Riau pada malam nanti. 

Staf analisa Ardhitama mewakili kepala BMG Pekanbaru Blucer Dologsaribu mengatakan, angin kencang rawan terjadi akibat cuaca panas siang hari yang terkena terpaan hawa dingin dari hujan yang berpeluang di malam harinya. Pertemuan dua kutub hawa panas dan dingin itu akan menimbulkan tekanan udara yang relatif kencang.

Namun waktu dan tempat kejadaian angin kencang tersebut sangat sulit diperkiran. BMG mengaskan, kondisi tersebut hanya perlu diwaspadai ketika hujan akan mulai turun di sejumlah wilayah. Sementara ini, BMG mendapatkan peluang hujan lebat malam nanti berada di wilayah Riau bagian Tengah dan bagian Barat. Riau bagain tengah meliputi Kota Pekanbaru, Siak dan sebagian Kampar. Sedangkan wilayah Riau bagian Barat juga meliputi sebagian Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Kuansing dan sekitarnya.

“Kita tidak bisa mengetahui tempat dan kejadian angin kencang. Hanya saja kondisi panas siang hari dan peluang hujan malam harinya sering menimbulkan angin kencang sebelum atau beserta hujan. Umumnya angin kencang hanya bertiup sebentar menjelang hujan,”ungkap Ardhitama.(Surya)

Posting Terkait